Di Cang Yuan, Klenteng

Tempat pemujaan atau klenteng kecil Tionghoa yang bercorak Budhis dan terbuka untuk umum. Disebut juga Vihara Tri Ratna, terletak di Jl. Lautze No. 64. Klenteng kecil Di cang Yuan, konon berasal dari tahun 1789 dan dipersembahkan kepada Dewa Raja Neraka. Klenteng ini dihuni oleh beberapa biksu bersama murid-muridnya yang mengenakan jubah abu-abu.

Dibangun tahun 1789 di bekas rumah FJ. Coyett (rumah orang Belanda), berdekatan dengan 'pemakaman baru' Gunung Sahari yang sering disebut sentiong (dibuka tahun 1761). Klenteng untuk raja neraka (klenteng penguburan) ini dianggap sebagai pengganti klenteng di Jakatraweg. Klenteng Di Cang Yuan masih bisa dilihat di Jl. Lautze, sebelah Pasar Baru. Di samping Di Cang Yuan ditemukan Prasasti dengan tulisan dari tahun 1761 untuk mengenang didirikannya pemakaman baru tersebut.

Patung yang ditemukan di Klenteng Di Cang Yuan berupa dewa 'kelas dua' yang bertugas sebagai penjaga klenteng seperti Wei-tuo (pelindung Buddhisme). Ia digambarkan sebagai seorang jendral Tiongkok, mengenakan baju zirah dan topi besi, tangannya memegang senjata (seringkali sebilah pedang) bertopang pada tanah, kadang tangannya dilipat dan senjatanya melintang di lengan. Di klenteng Di Cang Yuan, ia berdandan gemerlapan dalam warna merah keemasan, bertopang pada sebilah pedang pipih. Juga ditemukan sembilan dari delapan belas arhat (lohan), yang berarti penghancur nafsu jahat.