Dharma Bhakti, Vihara

Vihara terbesar di Jakarta dan memiliki nama lain Kim Tek Ji, terletak di Jl. Kemenangan, Jakarta Kota. Luas seluruh lingkungan sekitar 1.200 meter persegi. Menurut sejarahnya vihara ini berdiri sejak lebih kurang 400 tahunyang lalu. Memasuki vihara ini pada pintu gerbang besar tersusun gambar-gambar dan ukiran. Di dalam klenteng seluruhnya berjumlah lima belas kedudukan Hud, Sin, dan Sien. Di dekatnya ada ruangan untuk Hok Tek Tjin sin (Tuan tanah), dan di sebelah kirinya tempat kedudukan Tjay Sin Ya, di samping kanan Sin Go Ho Tjong Hun (5 macam). Di sebelah samping kanan tempat kedudukan Sien Sing ang Kong dan Sien Thay Suy Ya. Di sebe1ah kiri Sien Sing ang Kong tempat kedudukan Sien Hwa Kong Hwa Ma. Di sebelah kanan Siem Pek Houw Tjong Kun (Macan Putih).

Vihara ini masuk dalam keanggotaan M.A.B.I. (Majelis Agama Budha Indonesia). Beberapa orang yang pernah mengelola Vihara "Dharma Bhakti" adalah Bapak Yap Sutopo Wie Kie (Jaya Diguna budirnan), ang Je Kwi, Oey Tek Seng, Lie Tjin Thai dan pengurus tua lama : Ang Lee Tiok. Tujuan yayasan adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat golongan Buddhis, Taois, Konghucu dalam menunaikan peribadatannya, termasuk pelayanan sosial dalam pengobatan pada polikliniknya. Sejak tahun 1970-an bangunan klenteng diperbaiki terus-menerus dengan dana yang banyak diperoleh dari para anggota, donatur dan masyarakat pengunjung yang beribadah di tempat itu. Setiap hari para pengunjung yang bersembahyang rata-rata mencapai seratus orang.

Setiap tahun ada delapan kali acara yang teramat ramai dikunjungi orang sembahyang yang jumlahnya mencapai puluhan ribu orang, bertempat di Bio Ma Kwan Im, yaitu pada saat-saat : 1. Imlek tanggal 1 bulan 1 (tahun baru Imlek), 2. Imlek tanggal 8 bulan 1, Tian Kong Si (Sembahyang Tuhan Allah). 3. Imlek tgl. 15 bulan 1, Cap Go Me. 4. Imlek tgl. 19 bulan 2, hari Ulang Tahun Ma Kwan Im Pertama. 5. Imlek tgl. 19 bulan 6 hari Ulang Tahun Ma Kwan Im kedua. 6. Ma Kwan Im ketiga. 8. Imlek Tahun.