Dki Jakarta, Perpustakaan Umum Daerah

 

 

Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta

 

Alamat

Kantor Perpustakaan Umum Daerah Propinsi DKI Jakarta Gedung Nyi Ageng Serang Lt.VII dan VIII

JI.H.R.Rasuna Said Kav.C22 Jakarta Selatan

Telepon

Telp.(021)5263242 - 49 dan 51, Fax (021)5263244

Email

perpumda@jakartalibrary.com

Website

www.jakartalibrary.com

Jadwal Buka

Buka Senin – Minggu  Pukul 09.00 – 20.00 WIB

(kecuali hari libur nasional)

Perpustakaan Umum Daerah (Perpumda) DKI Jakarta, berada di kawasan perkantoran HR. Rasuna Said Kuningan – Jakarta Selatan, tepatnya di dalam Gedung Nyi Ageng Serang lantai 7 dan 8. Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta adalah perpustakaan yang dikelola oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta yang terdiri dari: koleksi umum, buku fiksi dan non fiksi; koleksi referensi, buku-buku rujukan seperti ensiklopedia, kamus, direktori perpustakaan, bibliografi daerah serta surat kabar dan majalah; koleksi khusus Jakarta, koleksi tentang sejarah, budaya dan hasil hasil pembangunan di Jakarta dalam bentuk kaset, CD/VCD/DVD dan microfilm; koleksi cetak dan koleksi rekam, koleksi fiksi dan non fiksi dalam bentuk kaset, CD/VCD/DVD dan micro film; Koleksi cetak dan koleksi rekam, koleksi fiksi dan non fiksi dalam bentuk buku, kaset, CD/VCD/DVD, dilengkapi ruang baca ramah anak, musholla, toilet dan  fasilitas internet wi-fi gratis bagi anggota.

Perpumda DKI Jakarta juga menyediakan akses internasional e-books dan e-journal melalui status http://elibrary.bpadjakarta.net. Layanan ini bersifat gratis dengan beberapa syarat diantaranya layanan ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah memiliki username dan password, setiap calon pengguna diminta untuk membuat akun sendiri dengan mengisi form registrasi yang tersedia, mengaktifkan akun yang sudah dibuat melalui link yang terkirim otomatis ke email calon pengguna pada saat registrasi berhasil, calon pengguna akan menerima pemberitahuan email dan admin jika permohonan pembuatan akun sudah disetujui oleh admin; kemudian pengguna dapat menggunakan layanan ini. Selain itu Perpumda DKI Jakarta juga melayani konsultasi asistensi dalam rangka menyelesaikan masalah kearsipan (sejak dari penciptaan; pengelolaan arsip aktif/inaktif dan statis; penyusutan arsip/dokumen; penyusunan umur arsip serta pendorsiran melalui teknis penyimpanan, pelestarian arsip/dokumen, tidak akan khawatir terhadap jamur atau bahaya yang disebabkan oleh bencana banjir dan kebakaran maupun yang disebabkan oleh binatang perusak seperti tikus dan serangga.

Keanggotan perpustakaan terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat Jakarta, dengan persyaratan yang mudah.

  1. Menyerahkan 1 lembar fotocopy KTP/ Kartu Pelajar/ Kartu Mahasiswa atau Kartu Keluarga.
  2. Mengisi formulir pendaftaran anggota.
  3. Foto langsung ditempat.
  4. Cetak kartu anggota perpustakaan.

Setiap pemustaka yang sudah menjadi anggota terdaftar dapat meminjam koleksi perpustakaan dengan ketentuan:

  1. Anggota hanya bisa meminjam 2 eksemplar koleksi;
  2. Koleksi yang dipinjam adalah koleksi selain kategori referensi/kc/kr;
  3. Waktu peminjaman adalah 14 hari;
  4. Keterlambatan pengembalian koleksi dikenakan denda blokir peminjaman selama jumlah keterlambatan hari.

Tata Tertib:

  1. Pengunjung wajib mengisi buku tamu.
  2. Barang bawaan (tas, makanan & minuman, topi, jaket atau sejenisnya) agar disimpan di dalam locker (kecuali dompet, HP dan laptop) dengan menyerahkan KTP kepada petugas sebagai jaminan kunci loker.
  3. Selama berada di dalam ruang baca Perpustakaan, pengunjung diharapkan tenang, bila ingin diskusi, tersedia di lantai 8 (ruang khusus diskusi).
  4. Layanan peminjaman buku dan layanan internet hanya diberikan kepada anggota perpustakaan.
  5. Anggota perpustakaan dapat mengunakan layanan internet selama 30 menit.
  6. Pengunjung yang akan meminjam buku untuk difotokopi wajib lapor kepada petugas layan peminjaman.
  7. Tidak diperkenankan bagi pengunjung membawa buku dari luar perpustakaan.
  8. Tidak diperkenankan bagi pengunjung untuk memindahkan/membawa buku yang ada di lantai 7 ke lantai 8 ataupun sebaliknya.
  9. Buku yang ada di lantai 8 hanya boleh di baca di tempat.

Sejarah Perpumda DKI Jakarta

Tahun 1950 Kegiatan perpustakaan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta sudah dimulai sejak berbentuk Kotapradja, dengan sebutan Perpustakaan Kotapradja Djakarta Raja

Tahun 1961 Setelah Kotapradja Djakarta Raja ditingkatkan statusnya menjadi Daerah Tingkat I Daerah Khusus Ibukota Djakarta Raja, kemudian berubah menjadi Perpustakaan Balaikota Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Djakarta Raja.

Tahun 1972 Melalui Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta tentang Susunan Organisasi Sekretariat Daerah Pemerintah DKI Jakarta, Bagian Perpustakaan dibagi atas Sub Bagian Perpustakaan dan Sub Bagian Tata Usaha Perpustakaan, dimana perpustakaan merupakan salah satu bagian pada Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan.

Tahun 1978 Melalui Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta dibentuk Lembaga Perpustakaan Umum yang menangani jenis perpustakaan umum di lingkungan Pemerintah DKI Jakarta, seperti Perpustakaan Umum Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro dan Perpustakaan Umum di lima wilayah kotamadya DKI Jakarta.

Tahun 1981 Lembaga Perpustakaan Umum bernaung di bawah Biro Bina Mental dan Spiritual dengan status non struktural.

Tahun 1989 Perpustakaan Umum di lima wilayah kotamadya DKI Jakarta dialihkan pengelolaannya kepada Dinas Pendidikan dan Pengajaran DKI Jakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD), sedangkan Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegoro masih tetap dikelola Biro Bina Mental Spiritual DKI Jakarta.

Tahun 1992 Gubernur DKI Jakarta mengirim surat kepada Menteri Dalam Negeri agar di lingkungan Sekwilda DKI Jakarta dibentuk satu wadah organisasi yang menangani semua jenis perpustakaan dan rekomendasi dari Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Tahun 1993 Dibentuk Perpustakaan Umum Pemerintah Daerah DKI Jakarta dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 1993.

Tahun 2001 Berdasarkan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2001 ditetapkan pembentukan Kantor Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 109 Tahun 2001.

Tahun 2007 Dalam mengoptimalkan pengelolaan secara teknis, termasuk pembinaan dan penyusutan arsip setiap unsur penyelenggara pemerintah daerah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Kearsipan.

Tahun 2009 Berdasarkan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2008 ditetapkan Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta, dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 153 Tahun 2009.