Concordia, Gedung

Tempat perkumpulan atau klub sosial bagi para golongan atas di Batavia, sehingga disebut juga Concordia Military Society dan terletak di Waterlooplein. Berbeda dengan soos lain yang hanya boleh dikunjungi kaum pria, di Concordia kaum laki-laki dan perempuan boleh datang. Soos Concordia didirikan pada masa Gubernur Jenderal van den Bosch berkuasa. Berawal dari sebuah kedai kopi di sisi timur Paradeplaats (yang berubah menjadi Waterlooplein) bagi perwira militer (1806-1809). Gagasan sejumlah perwira tersebut adalah membangun soos militer, sebab 'rumah kopi' mereka digusur untuk pembangunan istana Daendels. Mulai dibangun tahun 1833, di sebuah bangunan kecil dimana pengunjung non militer boleh bergabung. Pada 21 September 1833 selesailah pembangunan Concordia dengan bentuknya yang masih sangat sederhana. Meski mangonya kecil dengan fasilitas sederhana, klub ini bisa menjadi ajang pertemuan untuk mengakrabkan perwira militer dan warga sipil. Dengan bantuan pemerintah, klub bisa memperluas gedung dengan mendapat tempat di ujung selatan Oost Waterlooplein Timur. Ijin dari pemerintah didapat pada 1835 dan dibuka secara resmi pada 1836.

Soos Concordia terus mengalami perluasan dan pada tahun 1836 berdiri soos Concordia dengan gaya Yunani dengan ruangan dalam yang luas sekali dan sering digunakan untuk pesta dansa yang diselenggarakan setiap dua bulan sekali. Bangunannya dihiasi dengan indah dan diterangi dengan penerangan gas. Awal 1860, Concordia menjadi sentral pesta besar dan tempat resepsi dengan "ruangan mewah dan busana elegan para wanitanya". Renovasi gedung dilakukan pada tahun 1874 dan 1890 yang dibuka dengan pesta dansa pada tanggal 24 Juni 1890. Akhir tahun 1860, mulai diadakan dansa setiap dua bulan sekali dengan pesta kembang api. Ruang dansa sangat luas dengan lantai marmer, dinding bangunan dihiasi cermin, patung manner di sudut-sudut ruang dansa, hiasan tempat lilin kristal, air mancur Eau de Cologne, dan beranda samping untuk menikmati udara malam. Penerangan gas mulai dipasang pada tahun 1864.

Ruang dansa juga digunakan untuk pesta kostum dengan pakaian yang dipesan langsung dari Paris, London, atau Brussel. Bahkan setiap minggu kedua setiap bulan, ruang dansa dipakai untuk papan luncur. Concordia terkenal dengan pertunjukan musik militer atau karya komposer terkenal seperti Strauss, Offenbach, Verdi, dan
Donizetti. Pertunjukan sering diadakan setiap Sabtu petang di taman yang bisa dilihat anggota Concordia dan penonton di luar gerbang. Klub ini hanya bisa bertahan sampai akhir 1890 tapi gedungnya tetap bertahan. Gedung ini pernah menjadi kantor pusat DPR sebelum menjadi Kantor Departemen Keuangan.