Ciracas, Gelangang Olahraga Dan Rekreasi

 

Gelanggang Olahraga dan Rekreasi Ciracas Jakarta Timur
Alamat Jalan Raya Bogor Km. 25-26, Pasar Rebo Jakarta Timur
Telepon 021-87721918

 

Gelanggang Olahraga dan Rekreasi (GORR) Ciracas Jakarta Timur berada di wilayah kecamatan Ciracas, kotamadya Jakarta Timur. GORR ini menjadi salah satu fasilitas olahraga di DKI Jakarta dari 44 fasilitas yang direhabilitasi di tahun 2007. GORR ini kemudian diresmikan tanggal 19 April 2012 oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo bersamaan dengan 5 Gelanggang Olahraga lain di wilayah Jakarta. Pada saat itu, dana yang digunakan untuk perbaikan 6 fasilitas olahraga mencapai Rp 323 M termasuk biaya perbaikan GORR Ciracas. Pembangunannya menggunakan jasa kontraktor dari PT. Waskita Karya. Rehabilitasi ini bertujuan untuk mewujudkan Jakarta sebagai barometer pusat olahraga dan menjadikan sport city terbesar di Indonesia. Pada awalnya GORR Ciracas ini berada diatas lahan yang menjadi lokalisasi Boker yang kemudian dibebaskan untuk dijadikan tempat yang lebih bermanfaat bagi warga kota DKI. Boker sendiri berasal dari nama seorang penjual sayur-mayur di sekitar Ciracas yang bernama Pak Boker yang lalu namanya kemudian disalahgunakan sebagai nama lokalisasi. Pak Boker hidup dimasa orde lama sekitar tahun 1960-an. Menurut cerita banyak pedagang yang melakukan transaksi usaha dengan Pak Boker, menginap di sekitar lokasi warung Pak Boker. Para pedagang itu kemudian menggunakan jasa wanita penghibur untuk menemani mereka saat berdagang hingga akhirnya dilakukan pembebasan wilayah di tahun 2003. Seluruh lahan lokalisasi Boker kemudian dibebaskan mencapai hingga 4,5 hektar serta menelan dana Rp 32 M yang kemudian menjadi sarana/prasarana olahraga.

GORR Ciracas merupakan gelanggang olahraga berskala Internasional yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi warga DKI Jakarta. Fasilitas yang terdapat di dalam GORR ini diantaranya adalah fasilitas outdoor berupa: kolam renang, stadion sepak bola rumput dengan tribun yang dapat menampung 1500 penonton, lapangan atletik, kantin, parkir motor & mobil, taman, lapangan basket outdoor; sedangkan fasilitas indoor berupa gedung olahraga dengan jenis lapangan parquette (lantai kayu) yang didalamnya terdapat lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan basket, kantor pengelola, kamar ganti, toilet, fitness center (buka senin-minggu pukul 08.00 - 21.00 WIB tutup hari besar keagamaan). Beberapa jenis kelas olahraga yang juga terdapat di GORR ini diantaranya Taekwondo & Wingchun. Khusus kolam renang, di GORR Ciracas juga tersedia kursus renang yang dapat diikuti oleh warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk biaya masuk kolam renangnya cukup terjangkau bagi warga yang ingin berolahraga air. Pada tahun 2014, tiket masuk kolam renang untuk anak Rp 5.000 dan untuk dewasa Rp 6.000 (buka senin-minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB, kecuali hari besar keagamaan).

GORR Ciracas ini beberapa kali menjadi tempat bagi ajang olahraga bergengsi diantaranya Sea Games 2011 menjadi tempat bagi kejuaraan Kempo, Kejuaraan Karate Gubernur Cup, Kejuaraan Liga Futsal Perindo, Kejuaraan FEUI cup 2014, pertandingan antara AREMA dan PERSIJA, tempat kampanye, tempat pencanangan biopori di Jakarta, serta penyelenggaraan Hari Ibu ke 86 di tahun 2014. Selain event skala besar, GORR Ciracas juga menjadi tempat untuk Pasar Murah dan Pasar Malam untuk warga yang di gelar di halaman depannya.

GORR Ciracas juga menjadi base camp untuk berlatih bagi club Villa 2000 dari Tangerang Selatan, Banten. Dengan warna hitam oranye sebagai warna kesebelasaannya, serta Singa Pamulang sebagai sebutan timnya. Villa 2000 berdiri sejak tahun 2000. GORR Ciracas juga sempat disarankan untuk menjadi tempat alternatif bagi klub Persija berlatih di tahun 2014.