Ciputra

Seorang wirausahawan merangkap manajer profesional yang sangat terkemuka. Ia lahir dengan nama Tjie Tjin Hoan, dari keluarga petani di Kampung Pepaya, Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. Setamat SMA di Manado, Ciputra melanjutkan pendidikan di ITB Jurusan Arsitektur dan lulus pada tahun 1960. Semasa menjadi mahasiswa itulah ia, bersama dua orang teman, mulai merintis bisnis pertamanya. Ia membuka sebuah usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi.

Pada tahun 1961 Ciputra pindah ke Jakarta. Gagasannya membangun kembali Pasar Senen yang sarat dan kumuh menjadi sebuah pusat perbelanjaan modem diterima baik oleh Soemarno, Gubernur DKI pada waktu itu. Untuk membiayai proyek tersebut, tanggal 3 September 1961 didirikan sebuah badan usaha yang didanai secara patungan oleh beberapa pengusaha dan pejabat terkemuka.

Bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jaya berhasil merintis dan mengembangkan PT Pembangunan Jaya. Perusahaan itu menjadi salah satu konglomerat dengan hampir 50 anak perusahaan di dalamnya. Di bawah pengelolaannya, perusahaan ini berkembang pesat, bila awalnya hanya bidang konstruksi bangunan, kemudian merambah bidang real estate, konsultan rekayasa, perdagangan, manufaktur, pertambangan, keuangan, perhotelan, serta olahraga dan rekreasi. Beberapa karya grup ini yang pantas dicatat dan sangat mempengaruhi wajah kota Jakarta sebagai kota metropolitan antara lain, kawasan Taman Impian Jaya, dengan berbagai fasilitasnya dari Gelanggang Samudra, Pasar Seni, Dunia Fantasi hingga Sea World. Di samping itu, juga turut menjadi pengembang kawasan pertumbuhan baru seperti Pondok Indah, Bintaro, Pluit dan lain sebagainya.