CIPANAS, ISTANA

Istana Kepresidenan Cipanas bermula dari sebuah bangunan yang didirikan pada tahun 1740 oleh pemiliknya pribadi, seorang tuan tanah Belanda bernama Van Heots. Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal G.W. Baron van Imhoff (1743), karena daya tarik sumber air panasnya, dibangun sebuah gedung kesehatan di sekitar sumber air panas tersebut. Karena kharisma udara pegunungan yang sejuk serta alamnya yang bersih dan segar, bangunan itu sempat dijadikan tempat peristirahatan para gubernur jenderal Belanda.

Secara fisik sejak berdiri kini, dari tahun ke tahun, bangunan istana ini terus bertambah. Mulai tahun 1916, tiga buah bangunan berdiri di dalam kompleks istana. Kini ketiganya dikenal dengan nama Pavilliun Yudistira, Paviliun Bima, dan Paviliun Arjuna. Pada tahun 1954, di masa Presiden Soekarno, didirikan sebuah bangunan yang amat mungil. Bangunan itu terletak di sebelah belakang Gedung Induk. Berbeda dari gedung-gedung yang lainnya, sekeliling dinding tembok luar serta pelataran depan dan samping bangunan ini berhiaskan batu berbentuk bentol, yang disebut Gedung Bentol. Tahun 1983, semasa Presiden Soeharto, dua buah paviliun lainnya menyusul berdiri, yaitu Paviliun Nakula dan Paviliun Sadewa. Pada masa Presiden Megawati, renovasi atas bagian-bagian istana pun dilaksanakan, termasuk terhadap sebuah paviliun yang bernama Paviliun Abimanyu. Fasilitas lainnya adalah sebuah kolam air mancur mungil di halaman depan istana, dengan bendera di tengahnya, bangunan kolam renang air panas dan air dingin serta kolam pemancingan.

Dari segi gaya arsitekturnya, Istana Kepresidenan Cipanas berbeda dari istana-istana lainnya; istana ini tidak terkesan megah, tetapi anggun karena bangunannya bercirikan khas gaya tradisional; sebagian besar bangunan terbuat dari papan kayu. Tampilannya amat serasi dengan tataran tempatnya berpijak, yaitu berada di Tataran Pasundan. Tampak adanya upaya pelestarian kekhasan bangunan ini karena sampai saat ini pemugaran atau renovasi tidak pernah mengganggu gaya arsitektur istana tersebut.