CHRISTINE HAKIM

Bintang dan produser film Indonesia. Lahir di Kuala Tungkal, Jambi, 25 Desember 1956. Ia anak kelima dari enam bersaudara. Pertama kali main dalam film Cinta Pertama (1973), suatu film yang disutradarai Teguh Karya. Untuk filmnya yang pertama ini, ia berhasil menjadi aktris terbaik dan mendapatkan Piala Citra. Setelah itu ia menyelesaikan empat film sekaligus, yakni Atheis (1974, Sjumandjaja), Ranjang Pengantin (1974, Teguh Karya), Bandung Lautan Api (Alam Surawidjaja) dan Gaun Pengantin (1975, Bobby Sandy). Kemudian bermain di film Surat Undangan (1975, Ishak Iskandar) dan Kawin Lari (1975, Teguh Karya).

Setelah itu Christine menyelesaikan berbagai film dengan sutradara-sutradara ternama dan total telah meraih enam Piala Citra, antara lain melalui film Sesuatu Yang Indah (FFI 1977), Pengemis dan Tukang Becak (FFI 1979), Kerikil-Kerikil Tajam (FFI 1985) dan Di Balik Kelambu (FFI 1983). Filmnya yang terkenal sampai ke luar negeri ialah Tjoet Nya' Dhien (1986) dengan sutradara Eros Djarot. Dalam film ini berbagai tantangan harus dilewatinya, selain lokasi filmnya di tengah hutan, juga harus memerankan tokoh pahlawan nasional Tjoet Nya' Dhien dari muda sampai tua. Di film ini ia berpasangan dengan aktor Slamet Rahardjo Djarot.

Kemudian menjadi produser film, bekerjasama dengan Garin Nugroho, ia sekaligus bermain dalam film Daun di Atas Bantal sebagai peran utama. Film ini berhasil meraih berbagai penghargaan di tingkat internasional, yang membuatnya antara lain terpilih sebagai anggota Dewan Juri dalam Festival Film Internasional Cannes ke-55 di Perancis tahun 2002). Di bidang kebudayaan, atas kontribusinya mengangkat nama baik negara, ia mendapat tanda kehormatan Bintang Budaya Jasa Utama pada tahun 2003.