Chasse, Gang

Merupakan jalan kecil di sebelah utara Gang Alaydrus, sekarang Jl. Pembangunan II. Di Batavia memang banyak jalan atau gang yang mengabadikan nama-nama orang asing. Beberapa contoh, Gang Ribault di kota tua (sekarang Jl. Pintu Besar Selatan I), Gang Scott (sekarang Jl. Budi Kemuliaan), dan Gang Thiebault (sekarang Jl. Juanda III). Nama-nama asing dipakai untuk gang-gang tersebut, karena mereka memang tinggal di gang-gang tersebut. Jadi pemakaian nama-nama mereka hanya berdasarkan pertimbangan praktis, karena nama-nama tersebut telah melekat pada gang-gang tersebut. Penamaan Gang Chasse berbeda dengan gang-gang lainnya. Sebab jalan dengan nama Chasse tidak hanya terdapat di Batavia. Bila kita pergi ke Den Haag, kita akan menemukan Chasse-straat. Chasse memang dianggap sebagai seorang tokoh besar Belanda, tidak berbeda dengan Daendels.

Chasse adalah seorang tokoh militer yang cukup dikenal pada pertengahan abad ke-18, yang sangat berperan dalam perang di Eropa zaman Napoleon Bonaparte. Nama lengkapnya Karel Johan Chasse, berasal dari Tiel, sebuah kota kecil di Belanda. Dari namanya, kita dapat menduga bahwa ia berasal dari Perancis dan pada mulanya menganut agama Katolik. Di kota Tiel, semua orang mengenal istrinya, Maria Johanna Helena Schull, karena ia merupakan putri walikota. Pada tahun 1757 mereka menikah, dan memiliki lima anak. Salah satunya, seorang anak laki-laki yang diberi nama David Hendrik. Anak lelakinya ini kemudian memperoleh jabatan tinggi dalam pasukan Belanda di India.

Nama Chasse sering dikaitkan dengan Prins dari Oranye, yang setelah menjadi raja bergelar Willem III. Pada bulan April 1849 Chasse sakit payah dan akhirnya meninggal beberapa hari kemudian. Pemakaman dengan penghormatan militer dilakukan terhadap perwira militer itu. Dalam pasukan Napoleon, Chasse pernah berada di bawah komando Daendels. Walaupun Napoleon akhirnya kalah, tetapi keperwiraan Chasse tetap menjadi buah bibir di kalangan orang-orang Belanda. Itulah sebabnya di Den Haag namanya diabadikan untuk sebuah jalan, sebagaimana juga di Batavia.