Cengkareng, Rumah Sakit Umum Daerah

Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng

Jakarta Barat

Alamat

Jalan Kamal Raya Cengkareng Timur

Jakarta Indonesia 11730

Telepon/Fax

021-54372874

Website

http: //www.rsudcengkareng.com

Email

marketing@rsudcengkareng.com

Luas Lahan

26.000 m2

Luas Bangunan

31.000 m2

Dokter Spesialis

59 Orang

Dokter Umum

24 Orang

Dokter Gigi Spesialis

2 Orang

Perawat dan Tenaga Kesehatan

382 Orang

Tipe

Diusulkan Menjadi Rumah Sakit tipe A

 

LOBBY RSUD CENGKARENGRumah Sakit Umum milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pertama yang berada di Jakarta Barat. RSUD Cengkareng diresmikan oleh Gubernur Sutiyoso pada tanggal 20 Mei 2003. Pada mulanya rumah sakit ini diusulkan oleh Kepala Dinas dan Walikota Jakarta Barat untuk dibangun sebuah rumah sakit sebagai pembangunan sarana kesehatan  dengan memanfaatkan fasilitas sosial (fasos)/ fasilitas umum (fasum) milik perum/perumnas ditahun 1999. Kemudian usulan ini disetujui oleh Gubernur Sutiyoso.

 

Pelaksanaan pembangunan tahap awal rumah sakit ini dilaksanakan di tahun 2000. Pembangunannya berjalan melalui 2 tahap sesuai arahan Pemprov DKI dengan persetujuan DPRD DKI Jakarta. Selanjutnya pembangunan rumah sakit dilanjutkan di tahun 2001. Konsep bangunan RSUD Cengkareng  merupakan metamorfosis dari gubahan pesawat terbang karena letaknya dekat dengan Bandara Soekarno Hatta. Bangunan ini juga dihiasi dengan disain dan ornamen khas Betawi.

 

Tanggal 28 Oktober 2002, rumah sakit ini membuka pelayanan rawat jalan dan Unit Gawat Daruratnya, bersamaan dengan pembukaan pelayanan penunjang seperti laboratorium, radiologi, apotik, farmasi, CSSD dan ambulance. Pembukaan pelayanan ini diawali dengan pemberian obat gratis kepada penduduk sekitar RSUD Cengkareng selama 3 hari (28, 29 dan 30 Oktober). Pada saat bersamaan, pembangunan fisiknya terus berlangsung.

 

Berdasarkan  Keputusan Gubernur No.148 tahun 2002, RSUD Cengkareng menjadi UPT Dinas Kesehatan Unit Swadana. Kemudian menjadi RSUD Cengkareng yang berbadan hukum perseroan terbatas melalui adanya Perda Propinsi DKI Jakarta No.14 tahun 2004 dan akte notaris Sutjipto,SH No.77 Tahun 2004 tentang pendirian PT. RS Cengkareng. Berdasarkan Peraturan Gubernur No: 250 Tahun 2007 RSUD Cengkareng menjadi UPT Dinas Kesehatan dengan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD secara penuh dan sejak tahun 2009, RSUD Cengkareng sebagai LTD dengan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) BLUD secara penuh.

Visi RSUD Cengkareng

Menjadi rumah sakit terbaik di Indonesia dan terdepan di Asia Tenggara tahun 2020.

 

Misi RSUD Cengkareng

  1. Memberikan pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat.
  2. Mengembangkan manajemen rumah sakit yang professional.

 

Makna RSUD Cengkareng

Sahabat hidup sehat berkualitas.

 

Motto RSUD Cengkareng

Upaya terbaik kami untuk kesehatan Anda.

 

Tata Nilai RSUD Cengkareng

  1. Integritas.
  2. Loyalitas.
  3. Kemitraan.
  4. Objectivitas.
  5. Unjuk Kerja Tinggi.

 

Layanan RSUD Cengkareng:

 

1.   Instalasi Gawat Darurat IGD 24 Jam

RSUD Cengkareng mengunakan sistem triage, dipersiapkan secara khusus untuk menangani kebutuhan pasien darurat. Ditangani oleh para medis, pelayanan dokter nonstop 24jam dan tersedia ‘docter on call’, yang mengutamakan pelayanan kesehatan prima, cepat, tepat dan akurat kepada penderita yang mengalami keadaan gawat darurat.

Pelayanan IGD RSUD Cengkareng:pemeriksaan dan pengobatan; pengobatan luka pada pasien kecelakaan; pertolongan pengobatan pertama pada pasien henti nafas/henti jantung/kesadaran menipis,visum et repertum; resusitasi cairan akibat dehidrasi; penanggulangan shock; penanggulangan pendarahan saluran cerna; penanggulangan stroke, penanggulangan patah tulang dan kelainan musculoskeletal; penanggulangan kejang demam pada anak; penanggulangan intoksikasi obat/bahan lain; pembedahan minor dan penanggulangan disaster.

Fasilitas Penunjang IGD RSUD Cengkareng: ruang resusitas dengan peralatan emergensi lengkap, ventilator transport, monitor, defibrilator; ruang observasi khusus, ruang pemeriksaan dan tindakan bedah maupun medikal non bedah; ambulance 24 jam, depo farmasi, laboratorium dan radiologi, pelayanan rawat inap serta rekam medis dan Pneumatic Tube.

2.   Instalasi Rawat Jalan

RSUD Cengkareng menyediakan poliklinik yang buka 6 hari dalam seminggu (Senin –Sabtu) ditangani oleh dokter spesialis dan dibantu tenaga paramedis. Poliklinik rawat jalan terletak di lantai 1 dan 2 sayap kiri dan kanan bangunan RSUD Cengkareng. Setiap poliklinik memiliki sarana tunggu untuk pasien dilengkapi dengan sarana ‘electronic patient call’. Selain Poliklinik RSUD Cengkareng juga melayani layanan Medical Check Up (MCU) dengan beberapa jenis paket MCU diantaranya untuk seleksi pegawai, premarital checkup dan lainnya.

Poliklinik Milik RSUD Cengkareng: Poliklinik kulit dan kelamin, Poliklinik Kecantikan, Poliklinik Gigi & Mulut, Poliklinik bedah mulut, Poliklinik THT, Poliklinik Psikiatri/Kejiwaan, Poliklinik Bedah Ongkologi, Poliklinik Mata, Poliklinik Bedah Umum, Poliklinik Bedah Tulang/Orthopedi, Poliklinik Bedah Thorak & Kardio Vaskuler, Poliklinik Bedah Syaraf, Poliklinik Neurologi/syaraf, Poliklinik Kebidanan dan penyakit kandungan, Poliklinik Gizi, Poliklinik Edukasi, Poliklinik Paru & Saluran Pernafasan, Poliklinik Penyakit Dalam/Internis, Poliklinik Jantung, Poliklinik Anestesi, Poliklinik Urologi, Poliklinik Tumbuh Kembang Anak, Poliklinik Imunisasi, Poliklinik Senam Hamil.

3. Instalasi Rawat Inap

RSUD Cengkareng Kamar VIPRSUD Cengkareng memiliki layanan rawat inap dengan fasilitas memadai dan tarif terjangkau. RSUD Cengkareng menyediakan ruang rawat inap VIP ( satu kamar 1 pasien, berada di Ruang Apel lantai 6 dan dilengkapi dengan fasilitas khusus pasien), ruang rawat inap Utama ( 1 kamar 1 pasien, berada di Ruang Apel lantai 6 dan dilengkapi dengan fasilitas khusus pasien ), Kelas 1 ( satu kamar untuk 2 pasien, berada di lantai 6 Ruang Apel dengan kamar mandi yang yang dapat digunakan bersama), Kelas 2 ( 1 kamar 4 pasien, berada di  Ruang Belimbing lantai 3 serta di Ruang Melon lantai 6, dilengkapi dengan kamar mandi yang dapat digunakan bersama) dan Kelas 3 (1 kamar untuk 10 pasien, berada di Ruang Manggis dan Ruang Pepaya di lantai 3 dilengkapi dengan kamar mandi yang dapat digunakan bersama) dan Ruang Gabung Bersalin di Ruang Rambutan lantai 4. Dengan Jam besuk pasien: Pagi (pukul 11.00 – 13.00WIB) dan Sore (pukul 17.00-20.00WIB).

4. Rawat Intensif

RSUD Cengkareng memiliki unit perawatan intensif khusus bagi pasien yang memiliki gangguan kesehatan aktif. Pasien ditangani dengan khusus oleh tim dokter, staff perawat yang terlatih dan berpendidikan khusus. Pelayanan intensif ini meliputi: Intensive Care Unit (ICU) Room sebanyak 5 tempat tidur, Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) Room sebanyak 1 tempat tidur, Critical Care Unit (CCU)/ Intermediate Care Unit Room, Perina Room sebanyak 10 tempat tidur dan Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Room sebanyak 2 tempat tidur.

5. Rawat Bersalin

RSUD Cengkareng memiliki sarana fasilitas persalinan yang nyaman dan lengkap bagi kaum Ibu.  Layanan di unit rawat bersalin ini diantaranya persalinan spontan, vakum, tubektomi, forcep, Sectio Caesaria (SC) dan curatage. Didukung oleh fasilitas pertolongan persalinan; tindakan medis yang bersifat diagnostik untuk USG, kuret dan hydrotubasi; ruang persiapan dan ruang observasi pasca tindakan; pemeriksaan CTG dan Pneumatic Tube.

 

6. Kamar Operasi

RSUD Cengkareng memiliki ruang operasi yang memberikan layanan kepada pasien sebelum, selama dan sesaat sesudah melakukan operasi. Dengan standar prosedur operasi yang tinggi sebelum operasi dilakukan, selama dan sesudah operasi. Kamar operasi ini juga telah melalui standar sterilitas sebuah ruang operasi rumah sakit, dengan pemantauan yang dilakukan secara terus menerus.

Penunjang Diagnostik:

Kateterisasi Jantung (Diagnostik & Intervensi)

Merupakan salah satu layanan unggulan RSUD Cengkareng dalam penanganan pasien dengan penyakit jantung. RSUD Cengkareng pasien dapat memeriksakan dirinya melalui layanan koroangiografi untuk melihat kondisi jantungnya, bila terjadi penyumbatan di saluran tersebut RSUD Cengkareng dapat membantu dalam pelaksanaan tindakan pemasangan  stent/ ring atau angioplasti (pemasangan balon).

Endoscopy

Merupakan salah satu layanan RSUD Cengkareng dalam penanganan pasien dengan penyakit saluran pencernaan bagian atas mengunakan tv monitor disertai teknologi serat optik. RSUD Cengkareng juga memiliki fasilitas dan layanan lain dalam penanganan penyakit saluran pencernaan untuk melayani gastroskopi, kolonoskopi dan Endoscopic Retrogade Cholangio Pancreaography (ERCP).

Extracorporeal Shockwave Lithotripsy (ESWL)

ESWL adalah alat pemecah batu ginjal yang dimiliki oleh RSUD Cengkareng dalam membantu penanganan pasien dengan penyakit batu ginjal. Alat ini membantu pasien dengan memecahkan batu ginjal dari luar tubuh pasien melalui mesin yang menghasilkan gelombang kejut. Gelombang ini merupakan hasil dari gelombang ultrasonic, electrohidrolic dan sinar laser. Pelaksanaan ini dilakukan tanpa luka sayat dan minim operasi pembedahan bagi pasien, mengunakan sistem robotik dan terkomputerisasi dan pasien dapat melakukannya dengan rawat jalan.

Heamodialisa

RSUD Cengkareng saat ini memiliki 12 unit mesin cuci darah yang dapat digunakan pasien dengan problem penyakit ginjal guna membersihkan darahnya dan ke depan RSUD Cengkareng berusaha meningkatkan  nya menjadi 20 buah mesin.

Poliklinik Khusus Unit Fisoterapi dan Tumbuh Kembang

RSUD Cengkareng memiliki poliklinik khusus yaitu unit fisioterapi di sayap kanan gedung rumah sakit  dan unit tumbuh kembang. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti UKG, terapi Inhalasi dan lainnya. Poliklinik khusus ini memberikan  layanan diantaranya: terapi pediatiric, terapi musculoscletal, terapi neuromusculer, terapi masalah reproduksi, terapi cardiopulmonal, terapi kelemahan fungsi gerak dan kemampuan fungsional usia lanjut serta fisioterapi pasca operasi. Untuk unit tumbuh kembang, RSUD Cengkareng memiliki layanan terapi pendekatan perilaku, okupasi, snoezela, stimulasi wicara, stimulasi remedial dan stimulasi fisik.

Laboratorium

RSUD Cengkareng memiliki layanan laboratorium dengan pemeriksaan cepat, mengunakam sistem tabung transportasi medik sehingga mempersingkat waktu pelayanan khususnya untuk IGD, unit perawatan intensif dan rawat inap. Layanannya diantaranya laboratorium patologi klinik, laboratorium patologi anatomi dan bank darah.

Radiologi

RSUD Cengkareng memiliki layanan pemeriksaan radiologi bagi pasiennya. Layananya berupa foto konvensional, foto rontgen, panoramic, orthopantomography & cephalometri, CT scanning helical whole body, CT scan kontras, CT angio dan USG.

Instalasi Apotik dan Farmasi

RSUD Cengkareng memiliki sistem pelayanan terpadu dan tersebar di beberapa lantai. Dengan layanan apotik di lantai 1 untuk farmasi dan obat obatan yang melayani selama 24 jam, apotik lantai 2 untuk obat-obatan poliklinik, depo farmasi di lantai 5 dan gudang farmasi di lantai 6 yang mengunakan sistem terpadu sehingga mempermudah kelancaraan distribusi obat-obatan dan alat kesehatan di seluruh unit RSUD Cengkareng.

Fasilitas dan Layanan Penunjang RSUD Cengkareng

  1. Landasan Helipad.
  2. Rumah Duka, Lemari Pendingin dan Perawatan Jenazah.
  3. Masjid Al Izzah.
  4. ATM 24 Jam.
  5. Telepon Umum.
  6. Fasilitas Parkir Kendaraan.
  7. Fasilitas Kebugaran.
  8. Ambulance.
  9. Guest House.