Cempaka Putih, Puskesmas Kecamatan

 

Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih

Alamat

Jl. Rawasari selatan no 1, Kelurahan Rawasari Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat

Telepon

021-4219548

Fax

021-42801341

Email

puskesmascputih@yahoo.co.id

Blog

http://pkmcemput.blogspot.com

Facebook

PKM Cemput Jakpus

Kepala Puskesmas

dr. Budhi Prayudi

 

Jumlah Dokter

21 Orang

Jumlah Perawat

29 Orang

Data Per November 2014

 

Puskesmas ini berada di wilayah Kelurahan Rawasari Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat, persis di belakang Pasar Rawasari. Puskesmas dengan bangunan empat setengah lantai ini dilengkapi dengan layanan kesehatan untuk masyarakat.

Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih beroperasi sejak bulan Juli 1990 setelah terjadi pemisahan wilayah dengan Kecamatan Johar Baru. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih merupakan Puskesmas Pembina sesuai dengan SK Gubernur tahun 1992. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih membawahi 3 Puskesmas Kelurahan (Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Barat I, Cempaka Putih Barat II dan Rawasari) dari 3 kelurahan  (Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kelurahan Rawasari) hanya ada 1 kelurahan yang belum memiliki puskesmas (Kelurahan Cempaka Putih Timur), sehingga pelayanan dilaksanakan oleh Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih.Sejak Bulan Maret Tahun 2001 puskesmas ini ditetapkan melalui SK Gubernur No.15 Tahun 2001 sebagai Puskesmas Swadana, kemudian pada tahun 2001 diinstruksikan oleh Gubernur DKI Jakarta semua Puskesmas Kecamatan harus membuka Unit Puskesmas Siaga selama 24 jam.

Sesuai dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 2086/2006 Tanggal 28 Desember 2006 Tentang Penetapan 44 Puskesmas Kecamatan sebagai Unit Kerja Dinas Kesehatan Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah secara bertahap, maka Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih sejak Tahun 2007 menjalankan keputusan tersebut. Pada tahun 2010 Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih mengalami rehab total. Berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 240 Tahun 2012 tentang Penetapan Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Kota Administrasi Jakarta Pusat sebagai Unit Kerja Dinas Kesehatan yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) secara penuh.

Tanggal 21 Januari 2013 Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih mulai menempati gedung baru di Jl. Rawasari Selatan No.1 Kelurahan Cempaka Putih Timur Kecamatan Cempaka Putihsesuai dengan instruksi Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Menempati luas tanah 1.350 m2 (No sertifikat 487, tgl 12 Des 1987)  dengan bangunan empat setengah lantai dan mempunyai Unit Rawat Inap Umum dan Rumah Bersalin. Rawat Inap Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih diresmikan tanggal 15 April 2013, dengan memiliki 18 tempat tidur, Rumah bersalin 14 tempat tidur dan UGD 5 tempat tidur.

Puskesmas ini memiliki visi menjadikan Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih sebagai Puskesmas pilihan dengan layanan Prima, Berkualitas dan terpercaya guna terwujudnya masyarakat sehat seutuhnya di Wilayah Jakarta Pusat. Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih juga mempunyai misi meningkatkan profesionalitas SDM melalui peningkatan kemampuan manajerial dan pelatihan-pelatihan sesuai kompetisi; meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana dalam mencapai layanan prima; mengetahui dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan; petugas mampu melaksanakan pelayanan prima dengan penuh tanggung jawab dan etika serta melaksanakan pelayanan prima melalui program-program dan layanan unggulan. Sedangkan Motto dan Norma Puskesmas ini adalah SEHAT yang diartikan sebagaiSenyum/Sapa (S), Empati (E), Handal (H), Akurat (A), Tertib (T).

Puskesmas ini memiliki Poliklinik/Balai Pengobatan (BP) yang memberi layanan untuk penyakit tidak emergency, penyakit emergency dan tindakan emergency. Poliklinik/BP tersebut diantaranya BP Umum, Poli anak, Poli MTBS, Poli Geriatri, Poli THT,BP gigi, Poli KIA/Imunisasi, Poli KB, Poli Gizi, Fisioterapi, Laboratorium, Rawat inap dan Pelayanan 24 jam. Untuk layanan di ruangan rawat inap terdapat 3 ruangan untuk pasien Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih yaitu ruang untuk laki-laki, perempuan dan anak-anak yang dilengkapi dengan 18 tempat tidur. Sementara untuk layanan Ruang Bersalin tersedia 2 ruangan dengan 11 tempat tidur dan ruang VK (Verlos Kamer) dengan 2 tempat tidur. Didukung fasilitas pendukung puskesmas diantaranya  apotik, laboratorium untuk pengecekan darah rutin, ambulans, alat resustansi, nebulezer dan lainnya.

Selain layanan di dalam gedung puskesmas, puskesmas ini juga memberikan penyuluhan kesehatan kepada lansia pasien puskesmas 2-3 kali seminggu setiap hari Rabu; senam jantung sehat kepada pasien puskesmas 2-3 kali seminggu setiap hari Senin, Rabu dan Jumat; penyuluhan pendidikan kesehatan melalui program kesehatan UKS dan PSN.

Prestasi Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih:

1.   Jambore Pelayanan Primer BPJS Kesehatan Puskesmas terbaik III 2014

2.   Harapan I Lomba Duta Kesehatan Dalam Rangka Hut DKI Jakarta ke 487 Tingkat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.