Cakung, Puskesmas Kecamatan

 

Puskesmas Kecamatan Cakung Jakarta Timur

Alamat

Puskesmas Kecamatan Cakung
Jl Raya Bekasi Km 18 Cakung
Jakarta Timur

Telepon

021 - 4614700

Fax

021 - 4608446

Email

pkmcakung@gmail.com

Website/Blog

http://puskesmas-cakung.blogspot.com

Facebook

Puskesmas Kecamatan Cakung

SMS Center

SMS Center : 0813 1046 0404

PIN BBM

C00437763

Jam Buka

Senin - Kamis: 7:30 - 16:00

Jumat: 7:30 - 16:30

Transportasi

- Mikrolet 27 Jurusan Kp. Melayu - P. Gadung
- Metromini 47 Jurusan Pd. Kopi - Ps. Senen
- Metromini 45 Jurusan Pd. Gede - P. Gadung

Data Tahun 2014

 

Puskesmas Kecamatan Cakung, berada diJl. Raya Bekasi KM 18 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Kotamadya Jakarta Timur. Puskesmas Kecamatan Cakung ini berdiri sejak tahun 1973. Hingga saat ini, Puskesmas Kecamatan Cakung sudah mengalami 1 kali renovasi yaitu tahun 2003. Puskesmas Kecamatan Cakung dipimpin oleh seorang Kepala Puskesmas yang saat ini dijabat oleh dr.Rita Wedya Astuti.Sebelumnya sudah mengalami beberapa kali pergantian kepemimpinan, yakni berturut-turut : dr. Setyabudi, dr. Farida Yusuf, dr. Sri Koneng, dr. Nasrun, dr. Zilfa Yenny, dan dr. M. Manurung, MBA, MARS, Hj. Susi Suzana Astono, Akpt.

Puskesmas Kecamatan Cakung menjadi uji coba swadana pada 1 Maret 2001. Puskesmas Unit Swadana merupakan Puskesmas yang diberi wewenang mengelola sendiri penerimaan fungsionalnya untuk keperluan operasional secara langsung dan mengoptimalkan mobilisasi potensi pembiayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pada tanggal 6 September 2006 Puskesmas Kecamatan Cakung secara resmi menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 dengan menunjuk drg. Ibupertiwi sebagai Management Representative. Dalam waktu 3 bulan sejak diterapkannya SMM ISO 9001 : 2000 yaitu pada tanggal 22 Desember 2006 Puskesmas Kecamatan Cakung berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001 : 2000, artinya sistem manajemen yang dijalankan oleh Puskesmas Kecamatan Cakung telah memenuhi standar Internasional.

Jenis pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Cakung adalah poli umum, gigi, imunisasi, Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), poli Gizi, poli lansia, jiwa, paru, Poli Mata, ruang bersalin dengan kapasitas 6 tempat tidur, laboratorium dan radiologi. Didukung oleh tenaga dokter umum sejumlah 12 orang, dokter gigi 13 orang, bidan 30 orang, paramedik 34 orang dan paramedik non perawatan 11 orang, apoteker 1, dan tenaga non paramedik 64 orang. Berdasarkan jenis pelayanan yang tersedia, Puskesmas Kecamatan Cakung diharapkan mampu memberikan pelayanan dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kecamatan Cakung dan sekitarnya.

Jenis - jenis pelayanan di dalam gedung dibagi menjadi dua yaitu :

1. Pelayanan Dasar

Balai Pengobatan Umum, melayani pasien dengan keluhan penyakit umum setiap hari kerja Senin s/d Jumat yang dilayani oleh Dokter dan Perawat yang profesional dan handal dalam pelayanan.

Balai Pengobatan Gigi, Melayani pasien dengan keluhan penyakit yang berhubungan dengan penyakit Gigi dan Jaringan Penyangga lainnya dibuka setiap hari kerja Senin s/d Jumat yang dilayani oleh Dokter Gigi yang Profesional dan berpengalaman.

Balai Pengobatan Mata, Melayani pasien yang mempunyai keluhan khusus yang berhubungan dengan Mata. Pelayanan setiap hari Kamis pukul 08.30 s/d 12.00 WIB.

Poli Balita (MTBS), Melayani pasien dengan usia dibawah 5 tahun (Balita) dengan keluhan umum maupun khusus. Pelayanan setiap hari kerja Senin s/d Jumat dan dilayani oleh Dokter dan Perawat yang terlatih, handal dan profesional.

Poli Kesehatan Jiwa dan Konsultasi Remaja (Semi Spesialis), Melayani pasien dengan keluhan gangguan mental/jiwa, serta konsultasi seputar masalah Remaja. Pelayanan setiap hari Selasa atau dengan perjanjian sebelumnya.

Klinik Konsultasi Gizi (Semi Spesialis), Melayani pasien yang ingin berkonsultasi dengan masalah seputar gizi atau pola makan yang berhubungan dengan keluhan atau penyakit yang diderita oleh pasien. Pelayanan setiap hari kerja.

Poli Kesehatan Ibu dan Anak, Melayani pemeriksaan seputar kandungan, kehamilan, maupun imunisasi pada orang dewasa, anak - anak, maupun bayi baru lahir.

Poli Pemeriksaan Haji, Melayani pemeriksaan Calon Jemaah Haji. Pelayanan setiap hari kerja Senin s/d Jumat atau dengan perjanjian.

Rumah Bersalin, Melayani pertolongan persalinan normal dan rawat inap pasca melahirkan dengan ditangani oleh tenaga bidan yang profesional. Pelayanan setiap hari dan dibuka 24 jam.

Poli Tindakan 24 Jam, Melayani tindakan atau pasien gawat darurat/ emergency dengan kasus dan tingkat kesulitan tertentu. Pelayanan setiap hari 24 jam.

2. Pelayanan Penunjang

Untuk mendukung kelancaran dan ketepatan hasil untuk menen tukan diagnosa pada pelayanan dasar, di Puskesmas Kecamatan Cakung juga terdapat pelayanan penunjang yang meliputi :

Pemeriksaan Laboratorium, Pemeriksaan Laboratorium di Puskesmas Kecamatan Cakung ini selain melayani pasien yang dirujuk dari poli - poli pada pelayanan dasar juga melayani pasien dengan rujukan dari luar puskesmas seperti Rumah Sakit, Klinik Swasta maupun Dokter Praktek. Adapun jenis pemeriksaan yang dapat dilayani di Laboratorium Puskesmas Kecamatan Cakung antara lain : Tes Kehamilan, Darah Lengkap, Golongan Darah, Gula Darah sewaktu maupun puasa, Kimia Darah, Pemeriksaan Widal, Sputum BTA, Urine Lengkap, Trombosit, Eritrosit, BTA Kusta.

Rontgent,Pelayanan Rontgent di Puskesmas Kecamatan Cakung dibuka setiap hari Selasa dan Kamis jam 08.30 s/d 11.30 wib. Hampir semua jenis photo rontgent dapat ditangani di Puskesmas Kecamatan Cakung. Pemeriksaan USG, Pemeriksaan USG diperlukan untuk mendeteksi keadaan kandungan atau janin untuk memastikan keadaan kandungan apakah ada kelainan atau tidak.

Rekam Jantung (EKG), Pemeriksaan EKG diperlukan untuk mendeteksi fungsi Jantung untuk memastikan apakah fungsi jantung masih normal atau ada kelainan sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat.

Pelayanan Ambulans 24 Jam, Ambulans Puskesmas Kecamatan Cakung terdiri dari 1 tim yaitu 1 dokter, 1 perawat, dan 1 pengemudi. Selain sebagai sarana tranportasi untuk pasien rujukan, Ambulans Gawat Darurat juga melayani berbagai kejadian yang meliputi Bencana Alam, Kebakaran, Kecelakaan, maupun Evakuasi Pasien dari rumah ke Rumah Sakit tujuan.

Puskesmas Kecamatan Cakung juga telah melaksanakan beberapa jenis program-program  kesehatan diantaranya:

Program Penanggulangan Demam Berdarah

Program TBC Paru

Program Promosi Kesehatan (PROMKES)

Program Imunisasi

Program Kesehatan Jiwa

Program Kesehatan Mata

Program Gizi

Program Usia Lanjut

Program Perawatan Kesehatan Masyarakat

Penyakit Tidak Menular

Program UKS

Program Kesehatan Lingkungan

Program Peran Serta Mayarakat (PSM)

Program Keluarga Miskin

Puskesmas Kecamatan Cakung mempunyai visi Menjadi Puskesmas Yang Melaksanakan Pelayanan Kesehatan Prima Yang Berorientasi Kepada Kepuasan Pelanggan.

Sedangkan misi Puskesmas Kecamatan Cakungadalah Memberikan pelayanan prima yang meliputi kegiatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif; Mengembangkan sumber daya manusia yang professional dan berkualitas; Mengembangkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan; Mengembangkan upaya kemandirian masyarakat bidang kesehatan; Mengembangkan kemitraan lintas sektoral, swasta dan Rumah Sakit rujukan dan mengembangkan sistem manajemen puskesmas.