Cakung – Cilincing, Jalan Tol

Jalan Tol JORR E3 Cakung - Cilincing

Lokasi

Cakung - Cilincing

Panjang

4,60 KM

Status

Operasi

Pengembang

PT. Jasa Marga (persero) Tbk.,

Kantor Pusat Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Nilai Investasi

US$47 Juta

Kategori

KPS

Tanggal Operasi

28/08/2007

Lajur

3

Lebar Lajur

3,6 M

 

Jalan bebas hambatan ini berada di wilayah Cakung, Jakarta Timur  hingga Cilincing, Jakarta Utara. Jalan ini pernah mendapatkan kunjungan dari Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada tanggal 11 Januari 2007.

Ruas Cakung-Cilincing ini merupakan jalur penting bagi alur distribusi barang menuju kawasan industri KBN (Kawasan Berikat Nusantara), maupun bagi jenis kendaraan non-golongan 1 atau kendaraan-kendaraan besar yang akan melakukan kegiatan berniaga menuju pelabuhan Tanjung Priok. Hadirnya Jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, karena sebelumnya banyak kendaraan yang mengunakan jalur tol Wiyoto Wiyono untuk menuju Tanjung Priok.

Jalan tol JORR ruas E3 diujicobakan pada tanggal 21 Januari 2007. Merupakan lanjutan dari proyek JORR ruas Cikunir–Cakung Utara yang telah beroperasi. Sepanjang tahun 2007, proyek jalan tol baru yang telah berhasil dioperasikan adalah ruas Jatiasih – Cikunir sepanjang 3,8 KM, yang merupakan bagian dari JORR. Ruas baru tersebut berhasil dioperasikan setelah tertunda selama 2 tahun akibat terkendala pembebasan lahan. Dengan beroperasinya ruas tersebut (termasuk ruas E3), maka seluruh JORR dari Ulujami sampai Cakung Utara sepanjang 45 KM telah tersambung dan menghubungkan tiga ruas tol yang telah beroperasi yaitu Jagorawi, Jakarta-Cikampek dan Jakarta Serpong.