BUMIPUTERA, SEKOLAH DASAR

Sekolah yang diperuntukkan bagi penduduk bumiputera pendatang dari luar Batavia, seperti dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada umumnya mereka mendirikan pemukiman yang lazim disebut kampung, di daerah yang terletak di pinggiran kota ketika itu, seperti Kemayoran, Tanah Tinggi, Menteng dalam dan Tanah Abang.

Bersama-sama mereka, menetap pula penduduk Betawi yang dianggap penduduk asli daerah Batavia. Namun kebanyakan penduduk Betawi berdiam di sejumlah daerah pinggiran ke arah pedalaman, seperti Kebayoran, Bendungan, Slipi, Pasar Minggu, Cempaka Putih dan lainnya yang merupakan daerah yang belum berkembang seperti halnya kota Batavia, dan dipenuhi oleh sawah, ladang, kebun dan hutan buah-buahan.

Dibagi menjadi dua kategori, yaitu: Sekolah Dasar Kelas Utama (de scholen der eerste klasse), yaitu sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak tokoh terkemuka pribumi, bangsawan atau ningrat, dan penduduk kaya atau berada dan Sekolah Dasar Kelas kedua (de scholen der tweede klasse) , yaitu sekolah bagi anak penduduk pribumi pada umumnya.