BUDHI ASIH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih

Jakarta Timur

Alamat

Jalan Dewi Sartika III No.200, Jakarta Timur 13630

Website

-

Telepon/Fax

021-8090292 Hunting 6 lines/021-8009157

Email

-

Luas Tanah

6381M2

Luas Bangunan

21.977M2

Fasilitas

UGD24Jam, Rawat Jalan dengan 13 Poliklinik Spesialis, Rawat Inap (terdiri dari kelas VIP,III,II dan I), High Care Unit (HCU), Ruang Operasi, Perinatologi, Ruang Bersalin, Laboratorium 24Jam, Apotik 24Jam, Kantin, Optik dan Koperasi, Pelayanan Ambulance dan Ambulance Jenazah.

Tenaga Medis

61 Orang

Tenaga Paramedis Perawatan dan Non Perawatan

334 Orang

Tenaga Non Medis

181 Orang

Status

Tipe B

Listrik

PLN 2.500 KVA

Genset

1250 KVA

Kapasitas

226 Tempat Tidur

Rumah sakit ini berawal dari sebuah balai pengobatan bernama Balai Pengobatan Panti Karya Harapan yang dikelola oleh jawatan sosial kota praja pada tahun 1946. Balai pengobatan ini berlokasi di Jalan Dewi Sartika III/200 Jakarta Timur, dengan tujuan melayani warga miskin, orang – orang terlantar, dan gelandangan di Jakarta. Tanggal 19 Desember 1962 semasa H.M. Moeljadi Djojomartono menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia, Balai Pengobatan Panti Karya Harapan dijadikan Rumah Sakit Sosial Budhi Asih. Pengelolaan Rumah Sakit Budhi Asih berada dibawah Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta yang saat itu kapasitas rumah sakit hanya 60 tempat tidur.


Kemudian tanggal 20 Januari 1981, Rumah Sakit Sosial Budhi Asih dialihkan pengelolaannya kepada Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta berdasarkan SK Gubernur KDKI No.63/1981 dengan kapasitas tampung pasien mencapai 100 tempat tidur. Di bawah pegelolaan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, rumah sakit ini melayani masyarakat luas dan tetap memberikan pelayanan kepada pasien yang kurang mampu seperti gelandangan dan pengemis, sebagai ciri sosialnya. Di tahun 1990, terjadi perubahan status rumah sakit ini menjadi tipe C dengan kapasitas 143 tempat tidur. Sebagai rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta, anggaran operasional dan investasi sepenuhnya bersumber dari APBD DKI Jakarta. Sejak diterbitkannya Perda DKI Jakarta No.10 tahun 1997 rumah sakit ini menjadi rumah sakit menjadi unit Swadana Daerah dan di tahun 2000, RSUD Budhi Asih berhasil mendapat sertifikat akreditasi Rumah Sakit penuh untuk lima pelayanan dasar tanpa syarat yaitu: Unit Gawat Darurat (UGD), Unit Pelayanan Medik, Unit Rekam Medik, Unit Keperawatan dan Unit Manajemen.


Dengan terbitnya UU Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (PBN) dan PP Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU), serta berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 2092/2006 tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih sebagai Unit Kerja Dinas Kesehatan Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah Secara Penuh, maka RSUD Budhi Asih telah berubah menjadi Rumah Sakit Pemerintah yang menerapkan PPK-BLUD. Di tahun 2006 juga, rumah sakit ini menempati gedung barunya dengan 12 lantai yang saat itu mempunyai kapasitas sebanyak 267 tempat tidur.


Berdasarkan SK Menkes tanggal 10 April 2007 No.434/Menkes/SK/IV/2007, RSUD Budhi Asih milik pemerintah DKI Jakarta ditetapkan statusnya dari tipe rumah sakit kelas C menjadi rumah sakit kelas B Non Pendidikan dan merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta. Pada tahun 2008, mengacu pada hasil pembuatan Renstra SKPD RSUD Budhi Asih tahun 2007 akhir telah terjadi perubahan visi rumah sakit. Dari visinya sebagai rumah sakit yang menyenangkan pelanggan dengan mutu internasional bernuansa hotel/mall menjadi rumah sakit yang berkualitas dan menyenangkan bagi semua.


LABOR RSUD BUDHI ASIHTahun 2010 melalui Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 73 Tahun 2009, terjadi perubahan struktur organisasi dalam RSUD Budhi Asih. Saat ini RSUD Budhi Asih sedang melaksanakan pembangunan gedung baru di jalan Dewi Sartika di tanah ex. Sekolah Dasar Negeri untuk pengembangan rumah sakitnya.

Visi RSUD Budhi Asih
“Rumah Sakit Berkualitas dan Menyenangkan Bagi Semua”


Misi RSUD Budhi Asih
1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna yang responsif.
2. Menciptakan kualitas kerja yang baik.
3. Memberikan pelayanan yang didukung kemampuan customer service yang handal.
4. Menjadi center of knowledge dan pengembangan kesehatan di Jakarta.


Tujuan RSUD Budhi Asih
1. Menjadikan RSUD Budhi Asih sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.
2. Menciptakan remunerasi yang mendorong produktivitas kerja.
3. Menjadikan RSUD Budhi Asih sebagai tempat pendidikan & pelatihan di bidang kesehatan.
4. Memberikan pelayanan prima dan mampu menghasilkan kinerja finansial yang mandiri dan didukung oleh kedalaman hubungan dengan seluruh pelanggan dan SDM yang inovatif &berkomitmen tinggi.

Nilai-Nilai RSUD Budhi Asih
1. Mengenal dan melayani pelanggan melampaui harapan mereka.
2. Disiplin yang tinggi didukung dengan saling menghargai.
3. Komitmen tinggi berlandaskan kebersamaan ownership.

R OPERASI RSUD BUDHI ASIHFasilitas & Pelayanan RSUD Budhi Asih
Pelayanan di RSUD Budhi Asih terdiri atas: Rawat Jalan, Rawat Inap, Unit Gawat Darurat (UGD), Kamar Operasi (OK), Kamar Bersalin (VK) dan Penunjang Medis.


1. Instalasi Rawat Jalan
Instalasi Rawat Jalan RSUD Budhi Asih telah memiliki hampir semua Spesialisasi di masing masing Poliklinik. Diantaranya adalah Spesialis Kebidanan, Spesialis Bedah, Spesialis Anak, Spesialis Penyakit dalam, Spesialis Mata, Spesialis THT, Spesialis Jantung, Spesialis Syaraf,  Spesialis Rehabilitasi Medik, Spesialis Orthodonti, Spesialis Kulit & Kelamin, Spesialis Paru ditambah 3 Poliklinik Subspesialisasi  yaitu Bedah Urologi, Bedah Syaraf dan Bedah Orthopedi.


2. Rawat Inap
Untuk Instalasi Rawat Inap terdiri dari 226 tempat tidur, dimana 68% adalah kelas tiga dan sekitar 110 tempat tidur diprioritaskan kepada pasien kurang mampu. Ruang perawatanya dibedakan sesuai dengan pelayanan yang diberikan yaitu Ruang Perawatan Anak, Ruang Perawatan Perinatologi, Ruang Perawaan Dewasa Infeksi dan Non Infeksi, Ruang Perawatan Bedah, Perawatan Kebidanan dan Ruang Perawatan Intensif. Berdasarkan kelasnya, ruang perawatan dibagi menjadi VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.
Saat ini kelas VIP memiliki 4 tempat tidur, Kelas 1 memiliki 6 tempat tidur, kelas II memiliki 42 tempat tidur, kelas III memiliki 156 tempat tidur sedangkan ICU memiliki 4 tempat tidur dan Perinatologi memiliki 14 tempat tidur (berdasarkan data September 2009).


3. Unit Gawat Darurat
Instalasi ini melayani 24 Jam kepada masyarakat.

Fasiltas Peralatan Medis Canggih Milik RSUD Budhi Asih
1. Therapy Ozon, untuk penganggan Ganggren, Diabetes, Pasca Stroke dan perawatan kulit.
2. C-Arm, untuk penanganan operasi kepala/craniotomy, kasus-kasus kelainan otak.
3. Laser Urologi, merupakan alat milik RSUD Budhi Asih untuk mendiagnostik urologi dan pemecah batu ginjal.
4. Phaco, untuk operasi mata microinvasif.
5. Double Puncture Laparoscopy, untuk Diagnostik & terapi tumor intra abdomen  dan  Diagnostik & terapi infertilitas.
6. Endoscopy, Usus untuk diagnostik kelainan lambung dan usus halus
7. Bronchoscopy, untuk diagnostik bronchus dan ekstraksi benda asing.
8. EMG, untuk diagnostik kelainan otot.
9. EKG, untuk diagnostik rekam jantung.
10.EEG, untuk diagnostik fungsi otak.

Penunjang Medis RSUD Budhi Asih
Penunjang Medis RSUD Budhi Asih antara lain adalah Instalasi : Laboratorium buka 24 Jam, Radiologi buka 24 Jam, Gizi, Instalasi Electro Diagnostic & Therapy Alternative (IEDTA), Farmasi dan Kamar Jenazah.