Boy G. Sakti

Seorang koreografer tari bercorak dasar gaya Minang, anak dari koreografer terkenal Gusmiati Suid. Lahir di Batusangkar, Sumatera Barat, 4 Agustus 1966 dengan nama Yandi Yasin. Belajar menari sejak berumur 17 tahun di Gumarang Sakti Dance Company pimpinan ibunya sendiri. Secara formal ia belajar tari di Institut Kesenian Jakarta, tamat tahun 1992. Sejak tampil dengan karya Pitaruh dalam Lomba Koreografi di Indonesia, kemudian Kiblat yang digelar di TIM tahun 1987, ketika masih kuliah terus mengalir puluhan karya barunya. Baik untuk pergelaran di berbagai daerah di Indonesia (Jakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Padang, Padangpanjang, Bukittinggi) maupun berbagai pergelaran, workshop dan festival luar negeri. Diantaranya Festival of Theatre, Dance and martial Art Calcutta India (1987), Recontres Internationales De LaDance, La Baule France (1990), Klass di Amerika Serikat (1991), The 14th Festival of Asia Art, Hongkong (1992), 1" Asian Young Choreografer Workshop Taipe, Taiwan dam 100 Jahre Moderner Tanz Internasional Festival NRW, Jerman (1994). Pertunjukkan dan workshop di Thailand (1996), Pembukaan Singapore of Arts (1997), Tour Lear di Tokyo (1977) disambung Tour Asia-Eropa Lear (1999), workshop KALI Project di Seattle, Amerika Serikat (1999).

Atas prestasinya yang gemilang itu, ia mendapat penghargaan dari dalam dan luar negeri, antara lain karyanya Batagak meraih Juara I Lomba Koreografi l989. Mendapat penghargaan bersama Gumarang Sakti "Bessie Award" dari New ork untuk Koreografi dan kreatifitas (1991). Scholarship untuk belajar dari workshop di New York (2000).

Karya-karya Boy mencitrakan perpaduan antara tradisi Minang dengan spirit baru yang dipetik dari berbagai sumber global, dalam dimensi social politik, teknologi, informasi, hingga modernitas. Dituturkan dengan gaya ucap Boy yang khas: campuran antara kelembutan dan daya yang menggebu, cepat dan cerdas. Semua itu rupanya bertolak dari konsepnya: "menawar akar menoleh jiwa tradisi ke tari kontemporer." Saat ini bekerja sebagai koreografer, penata lampu, penata setting dan Direktur Teknik di Gumarang Sakti Dance Company. Menjadi salah satu koreografer Singapore Dance Theatre dan Ballet Philipine.