BOB TUTUPOLY

Seorang penyanyi dan pembawa acara. Nama lengkapnya Bobby Willem Tutupoly, lahir di Surabaya, 13 November 1939. Sejak kecil ia sudah terjun ke dunia musik dan nyanyi. Ketika di SMP ia membentuk sebuah grup band sekolah yang memanfaatkan pesta ulang tahun ternan-ternan dan guru-gurunya. Tahun 1957 ia mulai mengisi acara Jazz di RRI Surabaya, yaitu Quartet Jazz Modern pimpinan Didi Pattirane. Bersama Yusmin, Lody Item (ayah Jopie Item), Max Lee dan lain-lain (misisi-musisi terkemuka di Surabaya masa itu), ia mendirikan Bhinneka Ria Surabaya (band) yang dipimpin Didi Pattirane. Band ini mengikuti Festival Band se-Indonesia 1959 di Gedung Olahraga Ikada Jakarta, dan berhasil keluar sebagai Juara 1.

Setamat SMA di Surabaya (1959) melanjutkan ke Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, lalu pindah ke Unpad di Bandung. Di kota ini ia bergabung dengan Band Crescendo dan menyanyi di Bumi Sangkuriang. Tahun 1963 ia bergabung dengan band The Jazz Riders di Jakarta yang merupakan band utama Hotel Indonesia. Bersama Band Panca Nada, ia mengadakan pertunjukan keliling dalam muhibah ke Malaysia, Singapura dan Thailand. Secara solo, ia pernah pula menyanyi di Mandarin Hotel Hong Kong. The Ventures--sebuah group Internasional, setelah selesai mengadakan pertunjukannya di Jakarta--mensponsori muhibah Bob ke Amerika Serikat. Selama dua tahun di sana (1969-1971) ia sering mengadakan pertunjukan di beberapa klab malam di Los Angeles dan San Fransisco bersama band the Midnighter. Ia juga sering mengadakan pertunjukan di kampus-kampus Universitas di hampir seluruh Amerika. Ketika mengadakan pertunjukan di Las Vegas, Lake Tahoe dan Reno di negara bagian Nevada, ia mendapat kesempatan rekaman di studio REPRISE.

Tahun 1972 ia kembali ke Amerika untuk memimpin acara-acara pertunjukan di restoran Ramayana di New York city. Dengan jabatan manajer merangkap artis, ia mendapat kesempatan bekerja sama dan mengenal artis-artis yang sengaja didatangkan dari Indonesia, baik artis rnusik maupun penari. Diantaranya terdapat Rosmaya Nasution (penari), none Jakarta 1972, yang kemudian menjadi istrinya. Selama di sana (1972-1976), ia sering diminta bergabung dengan grup-grup kesenian Indonesia yang sedang melawat, untuk menyanyi sambil menjadi pembawa acara, antara lain group Andarinyo ketika melawat ke Amerika, Jerman, Belgia, Belanda, Jepang dan Hong Kong. Demikian juga misi-misi kesenian yang dikirim Pertamina ke Philipina, Malaysia, Singapura, Eropa dan lain-lain.

Ia memasuki dunia rekaman di tahun 1959. Pertama kali rekaman piringan hitam di Lokananta (Solo) membawakan lagu-lagu daerah Maluku seperti "Mande-Mande", "Sarinande", "Dayung Sampan" dan lain-lain. Di tahun yang sama, ia juga rekaman di Irama Jakarta, membawakan lagu-lagu Kopral Jono, Oto Bemo dan lain-lain. Bersama Grace Simon, ia terpilih mewakili Indonesia dalam program pertukaran artis-artis ASEAN 1978 dan mengadakan pertunjukan di TV dan gedung pertunjukan untuk masyarakat setempat di empat negara ASEAN lainnya. Tahun 1980 ia tampil membawakan lagu Symponi Yang Indah ciptaan Robby Lea, yang ternyata berhasil keluar sebagai juara I festival Lagu Populer tingkat Nasional (1980). Walaupun bukan lagu ini yang berhasil masuk final mewakili Indonesia, tapi Bob tetap terpilih mewakili Indonesia tampil dalam World Pop Song Festival di Budokan Hall, Tokyo.