BENNY MUSTAPHA

Seorang musisi jazz, lahir di Jakarta, 22 September 1939. Mulai belajar memainkan drum pada usia 18 tahun, gurunya adalah Bart Risakotta, seorang drumer yang pernah main bersama Nick Mamahit Trio. Benny Mustapha mulai memainkan drum secara profesional ketika bergabung dengan band Quinta Nada pada 1957 di Jakarta. Lima tahun kemudian, yakni pada 1963, dia berangkat ke Amerika. Setahun setelah itu, Benny mengikuti World Fair 1964 di New York, dan pada 1965 berkeliling Eropa dan Afrika.

Benny Mustapha merupakan seorang dari sedikit drumer Indonesia yang piawai menggunakan sapu (brush) dalam permainannya. Bersama Maryono, Jack Lesmana, Jopie Chen, Bubi Chen, dan Kiboud Maulana tergabung dalam grup Indonesia All Stars. Mereka tampil secara rutin selama setahun, kemudian berangkat ke Berlin Jazz' Festival pada 1967, sekaligus membuat rekaman dalam bentuk piringan hitam berjudul Djanger Bali. Bersama Maryono dan Kiboud Maulana, Benny membentuk band Ayodya II, bermain di Singapura dan Malaysia, namun dua tahun kemudian bubar, Benny juga sempat bermain di Hotel Merlin, Kuala Lumpur, mengiringi Titiek Puspa. Pada 1970, Benny bersama Mus Mualim, Maryono, Idris Sardi, Sadikin Zuchra, dan Tjok Sinsoe tampil dalam Expo 1970 di Osaka, Jepang, menampilkan musik gabungan jazz dengan gamelan. Pada 1971, dia bermain di Flamingo Niteclub dan Hotel Amasador, Jakarta, bersama Kiboud Maulana.

Bersama Jack Lesmana, Benny menyelenggarakan acara jazz secara rutin di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Kemudian, dia bermain musik dixieland di Hotel Borobudur, Jakarta, bersama Didi Chia, Jack Lesmana, oele Pattiselano, Benny Likumahua, Trismo, dan sebagainya. Benny Mustapha bergabung dengan Ireng Maulana All Stars.