BENNY LIKUMAHUA

Seorang tokoh musik jazz, lahir di Kediri, Jawa Timur, 18 Juni 1946. Bakat musik menurun dari ibunya, yang pandai memainkan gitar sambil menyanyi. Dari ibunya pula Benny banyak belajar tentang musik. Beranjak remaja, Benny belajar musik dan not balok secara otodidak. Pada usia belasan tahun, ia membentuk sebuah kelompok band bergaya musik Amerika Latin di Ambon. Awalnya, Benny memainkan Bongo, kemudian dia mengganti instrumennya dengan bas yang kelak menjadi alat musik utamanya. Setelah menonton film The Benny Goodman Story, ia mulai tertarik pada musik jazz dan mengganti instrumennya dengan klarinet, saksofon, dan belajar meniup trombon.

Seperti kebanyakan orang Ambon, ia bercita-cita menjadi pelaut, maka masuk sekolah navigasi. Setelah lulus sebagai navigator dan mulai berlayar. Suatu ketika, pada tahun 1970-an, kapalnya singgah di Bangkok. Di kota ini Benny bertemu dengan Bill Saragih, yang sudah lebih dahulu tinggal di sana dan bermain musik di Bamboo Bar Hotel Oriental. Pertemuan dengan Bill Saragih inilah yang menjadikan Benny terpanggil kembali ke dunia musik. Dia memutuskan naik ke darat, dan bermain musik secara freelance di Bangkok, ikut dalam berbagai kelompok band yang bermain di klub-klub malam kota itu. Benny membentuk sebuah trio yang diberi nama The Ausigerindo (singkatan dari Australia, Jerman, dan Indonesia). Dengan band itu, ia pernah main di Laos dan sempat menghibur tentara Amerika Serikat di Vietnam.

Pertengahan tahun 1970-an, Benny bergabung dengan kelompok Jazz Raiders , bersama Didi Chia, Oelle Pattiselanno, Jack Pattiselanno, dan Perry Pattiselanno. Keluar dari kelompok Jazz Riders, Benny bergabung dengan Jack Lesmana Combo. Sebelumnya, ketika di Bandung Benny pernah pula bermain dengan kelompok musik rock The Rollies. Setelah Jack Lesmana meninggal, Benny bersama Abadi Soesman membentuk trio ABC (singkatan dari Abadi Soesman, Benny dan Candra Darusman). Pada awal 1980-an, Benny bergabung dengan Ireng Maulana All Stars. Di samping itu, dia juga bermain secara freelance dengan kelompok jazz lainnya, sambil melatih beberapa kelompok band berirama jazz.