Bengkel Praktek Kerja Pendidikan Teknik 1(bpkpt I), Gedung

Terletak di Jl. Budi Utomo No.3, Jakarta Pusat. Di kawasan yang dulu dikenal dengan nama Vrijmetselaarsweg ini terdapat beberapa bangunan sekolah peninggalan Belanda. Salah satunya adalah bangunan berwarna cokelat yang kini digunakan sebagai Bengkel Praktek Kerja Pendidikan Teknik (BPKPT), tempat latihan kerja para siswa-siswi STM swasta yang didirikan pada tahun 1924.

Massa bangunan induknya berorientasi ke dalam di mana pada bagian depan digunakan sebagai ruang [removed][removed] penerima atau hall dan kantor pengelola, sedangkan ruangan-ruangan yang berada di sayap kanan dan kiri digunakan sebagai bengkel. Berbeda dengan gedung-gedung pendidikan atau sekolah di sekitarnya yang dibangun dalam kurun waktu yang bersamaan dengan gaya arsitektur Eropa , maka bangunan berlantai satu ini arsitektur gaya Betawinya tampil dominan. Hal ini dapat dilihat pada dinding kayu dan " renda " pada pintu masuk utama yang menyerupai hiasan pada lisplang rumah-rumah Betawi.

Sampai tahun 1974, bangunan yang berdiri di atas lahan adalah gedung ST Negeri 11 dan SMP Negeri 2. Baru pada tahun 1980 menjadi BPKPT I dan dibuat tambahan berupa gedung tiga lantai pada bagian belakang sebagai upaya penambahan ruang kelas dan bengkel. Bangunan ini menerima Penghargaan Sertifikat Sadar Pemugaran 1993.