BELIMBING MANIS

Dalam ilmu tumbuh-tumbuhan dikenal dengan nama Averrhoa carambola L.Pohon belimbing manis berukuran kecil, tingginya 5-12 m. Daunnya majemuk. Bunganya kecil, bewarna merah muda dan harum. Buahnya besar dan berwarna kuning, permukaannya licin seperti lilin, berlekuk-lekuk, penampang melintang buah berbentuk bintang.

Belimbing manis berasal dari Malaya. Merupakan tanaman yang umum dibudidayakan penduduk Asia tenggara. Di Indonesia belimbing sangat umum terdapat di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Dapat tumbuh dengan baik tanpa perawatan yang sungguh-sungguh. Menyukai tanaman yang bersifat asam. Tahan terhadap kompetisi hara dengan tumbuhan lain seperti gulma dan sebagainya.

Sebagai tanaman hortikultura, belimbing manis belum mendapat tempat yang layak di antara tanaman buah-buahan lainnya, sehingga kurang diperhatikan cara pembudidayaannya guna menghasilkan mutu dan jumlah yang memuaskan. Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun. Buah yang masak sangat manis dan baik untuk disajikan sebagai buah meja. Buah yang belum masak benar dapat dibuat manisan dalam sirup atau rujak. Dalam teknologi bahan makanan belimbing manis dipergunakan untuk selai.