Ateng Suripto

Lengkapnya Andreas Leo Ateng Suripto, seorang pelawak dan bintang film komedi terkenal. Lahir di Bogor, 8 Agustus 1942 dan meninggal di Jakarta, Selasa 6 Mei 2001. Tubuhnya pendek tingginya hanya 145 cm, tetapi semenjak kecil ia tidak pernah mengalami kesulitan dengan kondisi tubuhnya. Anak kedua dari sembilan bersaudara. Ayahnya pedagang kecil. Setelah menyelesaikan sekolah menengahnya di Taman Siswa (1962), Ateng melanjutkan pendidikan Universitas Nasional di Fakultas, Ekonomi dan Politik selama dua tahun.

Karirnya di dunia panggung dimulai sejak ia duduk di sekolah menengah (19561962). Waktu itu hampir setiap pagi ia mengikuti aeara Panggung Gembira Anak-anak bersama Pak Kasur di RRI 1961-1963, ia membentuk lawak Tos Kejeblos bersama almarhum Alwi dan Dori. Tahun 1963-1966, ia bergabung dengan kelompok lawak baru Bagio cs. Bersama Bagyo dan Iskak. Pernah pula ia sukses dengan kelompok lawak Kwartet Jaya bersama Bing Slamet, Eddy Sud, dan Iskak (1967-1974). Satu tahun setelah Bing Slamet meninggal, bersama Iskak membentuk kelompok lawak sendiri, dan sejak tahun 1981 kelompok tersebut dipereaya mengisi aeara tetap Ria Jenaka di TVRI. Dalam acara ini, Ateng berperan sebagai Bagong, salah seorang punakawan.

Selain sebagai pelawak, Ateng juga beberapa kali membintangi film komedi. Film pertama yang dibintanginya adalah Fiji Mas (1962), lalu Kuntilanak, Amor dan Humor, dan Bunga Putih. Beberapa judul film serial yang pernah dia bintangi, antara lain Bing Slamet Setan Jalanan, Bing Slamet Sibuk, Bing Slamet Koboi Cengeng, Bing Slamet Dukun Palsu, Ateng Raja Penyamun, Ateng Minta Kawin, dan lain-lain.