ANTONIO VAN DIEMEN

Gubernur jenderal di Hindia Belanda yang memerintah sejak tahun 1636 hingga tahun 1645. Pada masa kepimimpinannya dibangun Benteng Culemborg, mengingatkan nama tempat kelahiran van Diemen di Belanda. Ia juga yang memerintahkan untuk menggali Mookervaart (sekarang Kali Pesing, yang mendatangkan air dari Cisadane di sekitar Tangerang sampai Kali Angke) tahun 1681 untuk mengatasi masalah pendangkalan Kali Ciliwung.

Perubahan morfologi Kota Batavia lebih disempurnakannya ketika menjabat sebagai gubernur jenderal tersebut dengan melaksanakan apa yang telah dirintis dan direncanakan pendahulunya. Tembok keliling kota di tepi barat dibangun dan sejumlah kanal digali seperti Kanaal Jonker (Jonker·gracht), Kanaal Badak (Rhinocheros-gracht), dan Kanaal Melayu (Melayugracht).

Di tepi timur digali parit Banda (Banda·gracht) dan parit Malabar (Malabargracht), sedangkan di sebelah timur kasteel digali sebuah kanaal mulai dari Kali Besar (Ciliwung) sampai gerbang Air (Waterpoort) karena melebarnya garis pantai oleh endapan lumpur sungai. Pada tahun 1641 Gubernur Jenderal van Diemen, melanjutkan pembangunan Gereja Kasteel (Kasteelkerk) yang pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 1627. Dalam rangka memperindah kota, bangunan-bangunan yang tadinya dari kayu atau bambu diganti dengan batu. Untuk mendorong agar setiap penduduk memo bangun rumah tinggal dari batu, Kompeni memberikan pinjaman uang dengan imbalan bunga setengah real kepada mereka yang memiliki tanah dan tidak dibebani pajak.