Angke, Masjid

Salah satu masjid tua di Jakarta dan sekarang dikenal dengan nama Masjid Al-Anwar. Terletak di sebelah selatan Jalan Pangeran Tubagus Angke (dulu Bacherachtsgracht) RT 01/RW 05, Kampung Rawa Bebek, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Didirikan pada tahun 1761 di KampungBali (yang pertama kali disebut pada tahun 1687) oleh seorang bangsa Cina dari Tartar yang kawin dengan orang Banten. Kampung di sekitar Masjid Angke dahulu disebut "Kampung Goesti", karena dihuni oleh orang Bali di bawah pimpinan Kapten Goesti Ktut Badulu. Ciri khas masjid ini merupakan bangunan campuran yang harmonis antara unsur bangunan Bali Belanda Jawa serta Tionghoa.

Dikelilingi pagar tembok dan pagar besi untuk sisi timur. Halaman masjid seluas ±500 m persegi. Bangunannya merupakan perpaduan bentuk arsitektur yaitu gaya Jawa (terdapat pada tajuk), gaya limas pada karpus, dan gaya Eropa pada bagian pintu dan jendela. Ruang utamanya berdenah empat persegi, di dalamnya terdapat tiang, mihrab dan mimbar. Atapnya berupa atap tumpang bersusun dua berbentuk lim-san. Bangunan tambahannya berupa bangunan tempat sholat, tempat wudhu, ruang perpustakaan, dan ruang untuk belajar mengaji. Pada sisi utara bagian depan terdapat ruangan yang berfungsi sebagai sekretariat dan ruang perpustakaan. Di sebelah kiri (sisi selatan) agak ke depan dibuat ruangan yang berfungsi sebagai tempat anak-anak belajar mengaji. Di kompleks masjid ini terdapat makam yang terbagi atas tiga kelompok, dua kelompok terdapat di dalam kompleks sedang satu kelompok di seberang (depan) masjid.

Masjid Angke beberapa kali mengalami pemugaran: tahun 1969-1970 Gubernur DKI Jakarta memugar beberapa bagian yang meliputi: lantai dalam, pengurugan halaman dengan plesteran, kaso-kaso bagian atap susun, dan langit-langit (plafond). Tahun 1973: tempat wudhu, tempat bedug, dan pintu masuk; Tahun 1974: pemberian cungkup makam Sultan Syekh Hamid Algadri; Tahun 1985-1987 dilakukan pemugaran dengan cara rehabilitasi dan konservasi. Secara organisasi masjid ini dimiliki dan dikelola Yayasan Pengurus Masjid Jami Al-Anwar.