ANGKE, FORT

Disebut juga Benteng Angke, merupakan pos penjagaan berlokasi di tepi Kali Angke, di ujung saluran Mooxer (Mooxervaart), yang digali oleh Londrost Vincent van Mook menghubungkan Kali Cisadane dengan Benteng Angke. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan ke arah barat dari pusat kota. Benteng ini dibangun pada tahun 1657 bersamaan dengan Benteng Zevenhoek dan Noorwijk. Pada peta tahun 1740 Benteng Angke merupakan pertahanan Kota Batavia yang paling barat bersama-sama dengan Benteng Buitenwacht (Fluit) di sebelah utaranya.

Benteng Angke dikelilingi Kali Angke, bentuknya segi empat dengan bastion segi lima pada sudut-sudutnya. Pintu masuk ada dua, yaitu di sisi timur dan barat. Pintu barat di courtine barat letaknya persis di tengah-tengah antara bastion barat daya dan barat laut disebut pintu air (waterpoort) karena untuk memasukinya harus menyeberangi sungai, sedangkan untuk memasuki pintu timur (landpoort) terlebih dahulu harus menyeberangi jembatan yang letaknya tegak lurus dengan pintu benteng.

Pada gambar denah terlihat pada setiap bastion terdapat tangga, sedangkan di dalam benteng terdapat sejumlah bangunan seperti rumah tinggal komandan (Commandants Wooning), rumah jaga militer dan menara pengintai. Bangunan menara berbentuk segi enam dan berdasarkan gambar denah ada kemungkinan atap seperti kerucut, sedangkan pintu masuk ada di sisi timur. Bangunan tempat tinggal komandan merupakan bangunan yang paling besar (luas), pintu masuk di sisi barat, terdiri atas sejumlah ruangan yang berukuran besar/kecil yang tentunya memiliki fungsi masing-masing.