Anak-anak Indonesia, Istana

Sarana rekreasi yang termasuk dalam kawasan TMII. Luas seluruh kompleks sekitar 4 Ha (36,650 m2) mencakup plaza depan (Plaza Gajah), gedung utama (Gedung Graha Widya Tama), pusat kebudayaan dan museum anak-anak (Graha Seni Atmaja), Teater Cendrawasih, serta medan permainan sembunyi (Medan Kura-Kura). Unsur penunjangnya meliputi kios penjualan cinderamata dan makanan, toilet, stasiun kereta api Kelinci, taman bunga, gudang, dan lain-lain.

Plaza Gajah terletak di depan bangunan utama, merupakan medan terbuka berpagar tembok pendek, dilengkapi dua bangunan kecil tempat pengawal menjaga istana, dan dua patung gajah besar tempat anak bermain. Dilengkapi dengan air terjun dan gunung buatan dan medan permainan anak dengan alat jungkit-jungkitan, peluncur, mandi bola, dan lain-lain.

Gedung utama berupa istana dengan tangga naik ke menara berdinding keramik bergambar yang bercerita tentang binatang kesukaan anak-anak. Graha Seni Atmaja merupakan tempat pusat kegiatan seni dan budaya untuk anak-anak. Meliputi seni lukis, seni kriya, drama, tari, dan lain-lain. Teater Cendrawasih berupa gelanggang terbuka untuk arena pementasan seni dan budaya dari anak-anak. Sedang medan kura-kura menjadi tempat anak-anak bermain dalam berbagai medan permainan seperti medan permainan di ruang terbuka, permainan jalanan (karnaval atau baris berbaris), dan permainan alami di kolam air terjun atau di bukit-bukitan.