Amiterdam, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

 

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam
Alamat Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta
Luas 1.850 m2
Latlong -5.9776142,106.7046437

 

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam merupakan RPTRA pertama yang terletak di Pulau Seribu, tepatnya berlokasi di Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta. RPTRA ini merupakan proyek percontohan untuk kawasan Kepulauan Seribu. RPTRA Amiterdam berdiri diatas lahan seluas 1.850 meter persegi. 

Pada hari Sabtu tanggal 10 Oktober 2015 Gubernur DKI Jakarta, Bapak Basuki Tjahaja Purnama bersama dengan istri, Ibu Veronika Tan meresmikan RPTRA Amiterdam. Peresmian RPTRA ini turut dihadiri oleh Dandim 0502/JU Letkol Arm Stefie Jantje Nuhujanan, Danramil 04/KS Mayor Kav Sumitro, Kapolres Kep. Seribu AKBP John Weynart, Pasintel Kapten Arh Arian Purwantoro, Pasiops Kapten Arh Andri Yuno Cahyono dan beberapa SKPD DKI Jakarta. Selain itu, peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa Duta Besar untuk Indonesia, diantaranya adalah Duta Besar Belanda Rob Swartbo, Duta Besar Singapura Anil Kumar Nayar, Duta Besar Inggris Moazzam Malik, Duta Besar Swiss Yvonne Baumann dan Duta Besar Kerajaan Denmark Casper Klynge.

RPTRA Amiterdam berbeda dengan RPTRA yang saat ini ada, biasanya RPTRA hanya sebatas taman bermain anak-anak dengan fasilitas sarana bermain anak-anak seperti ayunan, tempat seluncur dan lainnya. Selain fasilitas sarana bermain anak tersebut, RPTRA Amiterdam dilengkapi juga dengan lapangan futsal, balai warga yang terbuat dari kayu, rumah pohon, rumah baca, taman lalu lintas, batu-batuan yang disusun untuk refleksi dan PKK Mart. Yang lebih menarik lagi, RPTRA Amiterdam terletak di bibir pantai.