Asean, Monumen

Monumen solidaritas negara-negara di Asia Tenggara yang bernama ASEAN (Association of South East Asia Nation). Monumen ASEAN terletak di Taman Surapati Jakarta. Pada awalnya muncul gagasan peletakan patung-patung disebarkan, namun akhirnya disatukan. Lokasi dipilih Taman Surapati, karena taman ini kosong dan keamanan lebih terjamin. Sampai sekarang pemeliharaan Monumen ASEAN dilakukan oleh Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Monumen ASEAN yang terdiri dari patung-patung ini mempunyai arti yang sangat penting di antaranya: 1) Untuk meningkatkan rasa persatuan di kalangan para seniman ASEAN khususnya seniman patung; 2) Menciptakan karya seni sebagai lambang solidaritas ASEAN dan sebagai contoh keanekaragaman tradisi nasional masing-masing negara; 3) Memberikan kesempatan kepada para seniman untuk bertukar pikiran dan pengalaman antar seniman ASEAN dalam menciptakan suatu karya seni yang baik, dalam bentuk patung ASEAN.

Pembangunan Monumen ASEAN merupakan hasil kerjasama di bidang kebudayaan antar bangsa Asia Tenggara. Bentuk patung itu mencerminkan kebersamaan dan persatuan yang kokoh. Patung dari Philipina diberi judul Kelahiran Kembali, berbentuk tonggak-tonggak kayu berjumlah 16 buah yang ditanam ke dalam tanah, terletak di baris barat paling selatan. Patung dari Brunei Darussalam diberi nama Harmoni dengan maksud harmoni dalam kehidupan di antara negara ASEAN, bentuknya mirip lambang ASEAN yang di bagian tengahnya terdapat simbol negara Brunei. Patung dari Thailand berjudul "Fratenity" yang berarti persaudaraan, menggambarkan keakraban dua orang walupun tidak tahu jenis kelamin dari wujudnya. Patung dari Indonesia diberi nama Pasca yang artinya perdamaian, berbentuk sosok tubuh manusia yang distorsi sedemikian rupa, sehingga bentuk manusianya hilang. Patung dari Singapura berjudul The Spirit of Asean, berbentuk seperti tiang yang patah-patah namun tetap merupakan kesatuan. Kemudian patung terakhir dari Malaysia dengan judul Pasca, Harmon and Ora, bentuknya tidak sinkron karena berlatar belakang bentuk patung dari Jepang, sehingga menyerupai bentuk tradisional yaitu origami.

Para pematung bekerja di workshop yang terletak di Taman Ismail Marzuki (TIM), sebuah bangunan seluas lax 25 meter, lengkap dengan peralatannya.Kecuali pematung dari Singapura dan Malaysia, pematung Singapura bekerja langsung di Taman Surapati, karena teknik yang digunakan teknik cetak beton. Pematung Malaysia bekerja langsung di bengkel Manggarai, karena bahan plat baja setebal 1 cm yang digunakan memerlukan mesin-mesin dan. alat-alat besar yang ada di bengkel tersebut.