"topeng Primitif Merah", Seni Rupa

"Topeng Primitif Merah" adalah judul lukisan karya Suwaji, yang di buat pada tahun 1977, di tuangkan di atas media kanvas berukuran 90 x 140 cm dengan menggunakan cat minyak.

Lukisan ini bergaya Ekspresionisme, Dengan goresan lebar-lebar dan aksentuasi rincian garis-garis kecil bentuk deformasi topeng-topeng muncul dalam karakter yang ekspresif.  Bentuk topeng dalam warna hitam dengan aksentuasi jingga dan kuning hadir dengan kekar oleh latar belakang merah jingga. 

Suwaji sangat intens bergulat dengan objek-objek etnis semacam bentuk-bentuk topeng ini.  Dalam efek teknis dan intensitas mengungkap karakter, yang memunculkan nilai tekstural sehingga dapat menambah kesan aura yang Arkhaik. Objek-objek patung primitif, topeng, wayang, relief candi, dan lembu bade pembakaran jenazah banyak diangkat dalam karya-karyanya.  Di antara eksplorasi objek-objek itu, bahkan Bouraq juga sering menjadi tema lukisannya. 

Selain dengan kedekatan objek-objek tersebut, Suwaji nampaknya juga terpengaruh wacana tentang pencarian kepribadian Nasional Seni Lukis Modern Indonesia lewat Seni Tradisi.  Karena seperti pelukis-pelukis seangkatannya, Suwaji mendapat jati diri dan produktivitas dalam ruang dan waktu ketika wacana itu berkembang.  Melalui karya topeng primitif ini, selain mengungkap nilai artistic, juga dapat dibaca sebagai simbol berbagai karakter yang dipakai