“the Monster Chapter Ii: Momentum”, Pameran Tunggal Karya J. Ariadhitya Pramuhendra, Seni Rupa

The Monster Chapter II: Momentum, merupakan judul pameran Tunggal karya seniman J Ariadhitya Pramuhendra.Hadir di tiga area Galeri Nasional Indonesia, yakni Gedung A, Gedung B, dan area luar. Pada 22 Maret hingga 7 April 2019.

Pameran kali ini adalah bagian dari Trilogi Pameran yang disebut Pramuhendra sebagai seri “Monster”. Sedangkan “Momentum” adalah bagian kedua setelah pameran “The Monster Chapter I: Memory” di gelar pada 2018.

Pameran ini juga merupakan suatu komitmen sang seniman untuk membela peran penting manusia dalam memenangkan perang di masa kini. Perang itu adalah pergulatan yang berlangsung secara mental, dan di dalam pikiran, ketika gagasan seseorang mampu memengaruhi setiap sikap dan tindakannya demi kebaikan.

Berbeda dibanding pameran Seni Rupa umumnya karena menunjukkan pentingnya mengeksplor area dan material lokus pameran, dalam hal ini Galeri Nasional Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa seorang seniman bisa menjadi liar dalam menjelajahi bidang Seni Rupa untuk diterjemahkan secara visual ke dalam karya-karya yang Eksploratif, tidak dikungkung dimensi keruangan, serta mengusung kreativitas yang tak terbatas.

Sebagian besar karya yang di pamerkan, menggunakan materi arang. bertujuan untuk mengajak para pengunjung menangkap makna monster di bayangan dan imajinasi seorang anak, ketimbang cara penilaian sebagai orang dewasa. Sebagai seorang seniman penjelajahan imajinasi dan gagasan kreatif Pramuhendra memang tak terpisahkan dari jejak iman dan pengalaman hidupnya saat masih di usia belia.

Karya-karya yang disajikan dalam pameran ini juga mengingatkan pada alur Sejarah pada lini masa sejak era Renaissance (sekitar abad ke-15 dan 16) hingga era Kebudayaan yang disebut sebagai abad  Pencerahan (sekitar abad ke-17 dan 18). Para pengunjung bisa mengenali karya yang biasa ditemukan di rumah ibadah hingga lukisan yang bersifat individual..

Selain pameran karya, Pramuhendra juga berkolaborasi dengan ArtDept ID untuk cenderamata ekslusif. Dengan tema The Monster, cenderamata tersebut dapat didapatkan di Artshop Galeri Nasional Indonesia selama pameran berlangsung.