RUANGRUPA, GALERI SENI

Gudang Sarinah Ekosistem adalah komplek dimana Galery Ruangrupa berada. Ruangrupa sebenarnya adalah organisasi Seni Rupa Kontemporer yang didirikan sekelompok seniman pada tahun 2000. Mereka adalah Ade Darmawan, Hafiz, Ronny Agustinus, Oky Arfie Hutabarat, Lilia Nursita, dan Rithmi yang mengira kalau organisasi seni rupa kontemporer ini akan berumur panjang.

Siapa pun yang berkunjung ke Ruangrupa Tidak dipungut biaya alias gratis. Karena Ruangrupa hanya ingin memajukan dunia seni dalam masyarakat urban lewat pameran kebudayaan, festival, lokakarya, dan penerbitan. Karya-karya seni (visual work) yang diproduksi para seniman muda, penulis, dan kurator terpajang di Galeri yang berlokasi di Jalan Pancoran Timur II No.4, RT.13/RW.5, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan. Kecuali hari Minggu, Ruangrupa bisa dikunjungi pada hari-hari lainnya. Buka dari pukul 11.00 sampai 21.00.

Galeri Ruangrupa di Pancoran DKI Jakarta Selatan Jakarta terletak di tepi ruas jalan ramai, terselip di antara pemukiman dan usaha niaga. Tapi begitu melewati pintu pagarnya, langsung terasa ini bukan rumah biasa. Pernik dan ilustrasi di dinding menunjukkan jejak “The Upstairs” dan “White Shoes and the Couples Company”, adalah dua band indie yang sempat bermarkas di Ruangrupa.

Begitu masuk dari pintu di sisi dinding dengan kayu lapis bertuliskan Ruru Gallery. Ruru yang sehari-hari hidup setelah pukul 11.00, karena irama berkarya penggiatnya cenderung sejak siang hingga jelang pagi. Suasananya seperti ‘peringatan’ yang tertera di dinding: “Relaksasi setelah aktivitas sehari-hari, enjoy yourself.” Seperti atom yang bisa memicu energi luar biasa, Ruangrupa kemudian jadi wadah dan produser seni kontemporer seperti seni grafis, komik, fotografi, video, tak jarang multimedia. Menjadi reaktor dan laboratorium yang memberi kesempatan pada seniman muda untuk mengolah karya dan memaparkan pada publik.

RuangRupa di Pancoran DKI Jakarta Selatan Jakarta bisa dibilang sebuah wisata seni yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

o   Area Parkir kendaraan

o   Tempat yang nyaman

o   Kamar mandi / MCK

o   Tempat Istirahat

o   Tempat pembuat seni

o   dan masih banyak lainya