”mitologi Bali”, Seni Rupa

”Mitologi Bali” adalah judul lukisan karya Made Wianta, yang di buat pada tahun 1980,  di lukis di atas kanvas berukuran 84 x 54 cm, dengan menggunakan cat tradisional.

Merupakan ungkapan yang menawarkan makna simbolis tentang kekuatan nilai tradisi dalam semangat kehidupan modern. Namun demikian, ia masih menjalankan segala ritual dan hidup dalam lokus tradisi, sehingga ia merasakan dengan intens dinamika transformasi perubahan nilai tersebut.

Karya Made Wianta ini, lebih mengekspresikan bentuk-bentuk Abstrak-Biomorphic yang bersuasana Arkhaik. Bentuk-bentuk Biomorphic tersebut sebenarnya bersumber dari abstraksi bentuk-bentuk rerajahan. Dalam seni lukis Bali klasik, rerajahan selain terdiri dari tulisan mantra-mantra, juga berupa visualisasi makhluk-mahluk gaib dan mitologis. Sebagain teks yang berfungsi sakral, rerajahan mempunyai bentuk visual yang sangat artistik dan mengekspresikan suasana mistis. Made Wianta sebagai pelukis masa kini, mengungkapkan penghayatan nilai dan bentuk-bentuk tradisi tersebut dalam bentuk modern. Abstraksi-Modern tentang Rerajahan ini merupakan idiom visual yang bermakna dalam jiwa kebudayaan itu.

Dalam periode ini karya-karya Made Wianta merupakan kecenderungan tipikal bagaimana seniman-seniman modern Indonesia menggali sumber-sumber tradisinya.