"garuda", Seni Rupa

“Garuda” adalah judul lukisan karya Abbas Alibasyah yang di buat pada tahun 1969, di tuangkan di atas kanvas berukuran 100 x 66 cm, dengan menggunakan cat minyak. Lukisan ini merupakan  penerapan pola dasar geometrik Abbas, untuk mengabstraksikan bentuk burung yang sangat dominan. Menjadi unik karena deformasi bentuk Garuda telah sedemikian jauh, sehingga yang lebih penting adalah ekspresi berbagai unsur visual yang ada.

Warna merah dengan gradasi ke arah violet dan oranye memberi kekuatan sebagai latar belakang yang ekspresif. Bentuk burung juga muncul lewat konstruksi serpihan bidang dengan warna kuning dan hijau, diikat dengan tekstur dan goresan kasar yang mencitrakan nafas primitif.

Lukisan ini juga dipengaruhi oleh sumber-sumber visual dari berbagai patung etnis Nusantara. Sikap estetis Abbas tersebut, merupakan perwujudan yang kongkrit dalam proses pergulatan mempertahankan nilai-nilai indegeneous dalam terpaan gelombang budaya Barat yang terbungkus dalam euforia Modernisme masa itu.

Abbas Alibasyah pada tahun 1960-an termasuk pelukis yang telah melakukan pembaruan dengan melakukan abstraksi pada lukisannya. Perspektif terhadap obyek yang demikian di dorong oleh perubahan Sosio- Kultural yang mulai menggejala di Indonesia.

Modernisasi merupakan jiwa zaman yang menjadi mitos baru pada akhir 1960 sampai awal tahun 1970, tak terkecuali dalam habitat Seni Rupa Yogyakarta yang pada saat itu masih sangat dominan dengan berbagai bentuk Paradigma-Estetik kerakyatan. Respons terhadap modernisasi dalam Seni Rupa, selain mendorong perubahan bentuk ke arah peringkasan, konseptualisasi, dan abstraksi, juga menunjukkan proses pergulatan mempertahankan nilai-nilai ke-Indonesiaan dari berbagai penetrasi kebudayaan Barat. Abbas melakukan kedua hal itu.

Bersama dengan beberapa pelopor Yogyakarta yang lain, Abbas menyerap spirit modernisasi itu dengan menerapkan pola dasar geometrik dalam mengabstraksi obyek-obyek. Di samping itu, Ia juga terus berusaha menggali perbendaharaan visual  tradisi dalam obyek-obyek lukisannya.