“ANUNGGA RUNGGA", SENI RUPA

“Anungga-Rungga” (Lingga Yoni), adalah karya instalasi Agoes Jolly, yang di buat pada tahun 1992. Berukuran 3,5 x 120 x 2,25 cm, menggunakan bahan Besi, pipa dan bubuk marmer.

Merupakan suatu rangkaian bentuk-bentuk yang terdiri dari abstraksi lingga yoni yang tergantung, dan diapit di kanan kiri oleh dua bentuk gunungan. Pada bagian bawah, terdapat suatu konstruksi kerangka besi dalam bentuk ruang persegi yang tegak dari lantai. Dasar lantai tempat berdiri konstruksi, terdiri dari bubuk marmer putih yang diatur dalam bentuk  persegi-empat dan tepinya berupa batu kerikil.

Karya instalasi ini memadukan dua bentuk karakter, yaitu abstraksi yang dibangun dari citra pementasan wayang dan disandingkan dengan konstruksi infrastruktur modern. Karya ini secara simbolik mengungkapkan bersatunya lingga dan yoni dalam suatu pentas kehidupan, dan momen itu disangga atau berada dalam kokohnya konstruksi bangunan modern.

Simbol itu mengungkapkan nilai paradoks, yaitu konstradiksi dan kebenaran dalam penyatuan nilai-nilai budaya tradisi dan modern. Penyatuan cinta dalam kehidupan bisa tidak terbatas pada sekat-sekat nilai budaya.